Skip to main content
Satgas Pamtas

Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Berhasil Gagalkan Percobaan Penyelundupan ke Timor Leste

Dibaca: 78 Oleh 07 Des 2023Tidak ada komentar
Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Berhasil Gagalkan Percobaan Penyelundupan ke Timor Leste
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Memperketat pengamanan di Perbatasan menjelang Natal dan Tahun Baru, Pos Aplal Satgas Pamtas Yonkav 6/Naga Karimata Berhasil amankan barang selundupan hasil Operasi Ambush di Desa Naekake A, Dusun. Losam, Kec. Mutis Kab. TTU Provinsi NTT, Selasa (5/12/2023).

Salah satu anggota Pos Aplal mendapatkan Informasi dari warga mengenai adanya OTK (Orang Tidak Dikenal) yang melintasi jalan Tikus dengan membawa jerigen dan kardus. Mendengar berita tersebut, Danpos Aplal Letda Cpl Ramses Napitupulu memerintahkan anggotanya untuk mendapatkan Informasi mendetail terhadap aktifitas tersebut.

Setelah mendapatkan Informasi mengenai OTK tersebut, Danpos melaksanakan aksi terhadap kegiatan ilegal tersebut. Danpos mengeluarkan Perintah untuk melaksanakan Patroli di jalan tikus yang diduga terdapat penyelundupan barang ilegal menuju Timor Leste.

Personel Ambush disebar dengan jarak antar personel 5 meter, sekitar pukul 22.00 Wita, Pratu Feri Ardiansyah (Tabakpan 1 Pok 1) melihat adanya cahaya kecil dari atas Desa Naekake A turun ke Dusun Losam (dekat sungai), kemudian Pratu Feri melaporkan kepada Sertu Fajrul Ilham.

Baca juga:  Rayakan Idul Adha di Perbatasan, Tidak Surutkan Semangat dan Moril Prajurit Satgas Pamtas Yonif 403/WP

Terlihat dari jarak 50 Meter ditempat anggota berdiri, Cahaya kecil tersebut berhenti disuatu tempat seperti memberi tanda/kode. Setelah itu Pratu Feri berteriak berhenti dan mendekati ke arah cahaya tersebut kemudian cahaya mati dan jejak dari OTK tersebut tidak terlihat lagi.

Sertu Fajrul Ilham melaksanakan penyisiran di sekitaran lokasi untuk mendapatkan Bukti mengenai adanya kegiatan ilegal tersebut. Pratu Feri melihat barang bukti yang ditinggalkan OTK tersebut berupa karung sebanyak 3 buah.

Kemudian, Wadanpos perintahkan anggota untuk membuka isi karung tersebut dan setelah dibuka isi 3 karung tersebut berupa 1 jerigen berisikan Bahan Bakar jenis Pertalite sejumlah 35 liter, Minuman Keras merek King 24 botol, Minuman Keras merk Habuck Anggur 12 botol, Mie Instan Sedap Soto 1 Dus dan Mie Ekomi 2 dus.

Mendapatkan hasil tersebut, Danpos melaporkan kepada Dan SSK II Lettu Kav Agung Raysandi Rianto S.T.Han dan Dansatgas Yonkav 6/Naga Karimata Mayor Kav Ronald Tampubolon,S.H. Saat ini Barang Bukti dari hasil Ambush diamankan di Pos Aplal dan akan diserahkan ke Mako Satgas Yonkav 6/Naga Karimata di Eban untuk di proses selanjutnya. (Dispenad).

Baca juga:  Sambut HUT TNI ke-78, Satgas Yonif 200/BN Gelar Lomba Cerdas Cermat Tingkat SD

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel