Kodam XVII/Cenderawasih

Sosialisasi Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat

Dibaca: 13 Oleh 16 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kepala Seksi Operasi Korem 171/PVT Kolonel Inf Anwar mewakili Komandan Korem 171/PVT membuka Sosialisasi Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat Tahun 2016 yang di hadiri oleh Dandim 1704/Sorong Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunte, S.Sos, Rektor UMS Drs. Hermanto Sueb, M.Si, Ketua Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat Letkol Inf Rachmat PS, Dosen  STKIP Muhammadiyah Sorong Drs. Karsiman, M.Si serta para mahasiswa se Sorong Raya  bertempat di Aula Makodim 1704/Sorong Jl. A. Yani Sorong-Papua Barat, Jum’at (13/11).

Dalam sambutan Kepala Seksi Operasi Korem 171/PVT Kolonel Inf Anwar yang membacakan sambutan Danrem 171/PVT mengatakan bahwa perlu diketahui bersama terbentuknya kegiatan Ekspedisi NKRI dilatarbelakangi oleh kepedulian dan wujud rasa cinta  tanah  air  dari  jajaran  TNI  dan  segenap anak bangsa yang peduli terhadap kelestarian potensi sumberdaya alam. Ekspedisi NKRI ini merupakan kegiatan yang sangat strategis karena memiliki Visi dan Misi yang mulia, adapun Visinya adalah mendata dan memetakan semua potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan Pertahanan Keamanan Nasional. Sedangkan Misinya adalah Pendataan dan pemetaan SDA dan SDM : Kehutanan, Flora dan Fauna, Geologi, Potensi Bencana dan Sosial Budaya, membuka daerah terisolir, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial serta kesadaran akan pertahanan keamanan wilayah.

Kegiatan ekspedisi NKRI koridor Papua Barat 2016 ini mengambil tema “Peduli Dan Lestarikan Alam Indonesia”. Tema ini bertujuan untuk meningkatkan, memanfaatkan dan  melestarikan  potensi  sumber  daya alam di seluruh pelosok tanah air serta keanekaragaman hayati nasional khususnya di wilayah Papua Barat. Kegiatan ekspedisi ini, juga merupakan sarana untuk mengenali wilayah Nusantara khususnya di wilayah Papua Barat yang begitu indah dan masih sangat banyak potensi Sumber Daya Alam, budaya dan sosial yang belum sepenuhnya dipahami, dicatat dan dimanfaatkan secara optimal, baik dalam rangka pembangunan pertahanan negara, maupun pembangunan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,

Oleh karena itu, ekspedisi yang dilandasi oleh tekad, semangat juang, keteguhan dan keikhlasan ini, kelak akan menjadi catatan sejarah, dan inspirasi serta motivasi segenap komponen bangsa lainnya, terutama generasi muda agar senantiasa memacu diri untuk menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negaranya. Tidak dapat dipungkiri bahwa negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam, flora dan fauna yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke, termasuk diantaranya di wilayah Papua Barat.

Namun demikian harus disadari bahwa, kekayaan alam yang sangat melimpah tersebut belum semuanya terdata dengan baik, sehingga perlu keterlibatan segenap anak bangsa untuk berperan serta sebagai bentuk tanggung  jawab  dalam mengisi pembangunan ini demi kepentingan generasi di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, sosialisasi yang dilaksanakan oleh Tim Ekspedisi NKRI  ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan serta kecintaan terhadap tanah air, di tengah menurunnya rasa nasionalisme dan kebangsaan masyarakat Indonesia dewasa ini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel