Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Sosialisasi Netralitas TNI Pada Pemilu 2024, Pesan Danrem 073/Makutarama : Prajurit TNI Harus Netral

Dibaca: 226 Oleh 23 Okt 2023Tidak ada komentar
Sosialisasi Netralitas TNI Pada Pemilu 2024, Pesan Danrem 073/Makutarama : Prajurit TNI Harus Netral
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka persiapan Pemilu Tahun 2024, Korem 073/Makutarama menggelar sosialisasi Netralitas TNI, di Aula Makorem. Senin. (23/10/2023).

Kegiatan sosialisasi Netralitas TNI diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Korem 073/Makutarama. Ikut hadir pada kesempatan tersebut, Kasrem Letkol Kav Indarto, serta para Kasi Korem.

Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi S.I.P., M.A.P., meyampaikan, Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

“Bagi prajurit TNI tidak ada kata lain kecuali netral. Artinya, TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,”tegas Danrem.

Dannrem melanjutkan, begitu pentingnya sikap netral dalam membangun demokrasi dan profesionalisme TNI, maka sikap netralitas harus benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan prajurit TNI.

“Tidak memberikan komentar, penilaian dan mendiskusikan apapun terhadap identitas maupun kualitas salah satu Parpol atau perseorangan peserta Pemilu dan Pemilukada,”tandas Danrem.

Prajurit baik perorangan maupun institusi mewaspadai setiap perkembangan situasi dilingkungannya, laksanakan temu cepat dan lapor cepat apabila ada kejadian yang berindikasi menghambat, mengganggu atau menggagalkan Pemilu dan Pemilukada.

Baca juga:  Kodim Magetan Komsos dengan Aparat Pemerintah Kab. Magetan

“Marilah kita wujudkan Netralits TNI dengan tetap mengawal demokrasi melaui Pemilu yang Luber dan Jurdil yakni, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,”tutup Danrem. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel