Kodam IV/Diponegoro

Sungai Meluap, Babinsa Ketanggungan Bersihkan Lumpur

Oleh 21 Feb 2020 Tidak ada komentar Dibaca: 10
Sungai Meluap, Babinaa Ketanggungan Bersihkan Lumpur
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Babinsa Koramil 0713/15 Ketanggungan membersihkan sisa lumpur akibat banjir limpahan dari Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan yang melanda Desa Ketanggungan dan Cikeusal Lor Kabupaten Brebes.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri dalam keterangan tertulisnya di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (20/2/2020).

Dijelaskan Dandim, Hujan deras yang mengguyur wilayah Brebes sejak rabu sore menyebabkan Sungai Babakan tidak dapat menampung debit air dan mengakibatkan luapan sungai yang masuk ke pemukiman warga sekitar.

”Tepatnya di RT. 03/04 pada Rabu sore (19/2/2020) hujan deras hingga Kamis siang menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir, dan hari ini aparat Koramil 15 Ketanggungan beserta warga berama-sama membersihkan sisa lumpur akibat banjir, “ tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, Tanggul Sungai Babakan yang tak mampu menampung debit air, membuat air limpas/meluap dan sempat menggenangi ratusan pemukiman warga dengan ketinggian antara 0,5 – 1 meter, termasuk membuat jalan provinsi dari Jakarta menuju wilayah Kabupaten Purwokerto, Jawa Tengah (Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Pejagan) macet untuk beberapa waktu.

Baca juga:  Korem 074/Warastratama Berbagi Kebahagiaan Dengan Tukang Becak

“Kamis dini hari air sudah berangsur-angsur surut dan aktivitas lalu-lintas mulai normal kembali walaupun para pengendara sangat berhati-hati karena jalan licin oleh lumpur, “ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa, Sofani, mengapresiasi yang dilakukan aparat Koramil yang sigap membantu warga membersihkan sisa-sisa lumpur akibat banjir.

Sungai Meluap, Babinaa Ketanggungan Bersihkan Lumpur

Menurutnya juga, banjir seperti ini sudah sering terjadi di wilayahnya. Upaya pengerukan sedimentasi dan penebalan serta peninggian tanggul telah dilakukan oleh dinas terkait, namun karena debit air yang melimpah limpasan air kembali terjadi.

Untuk diketahui, pada bulan Januari lalu, banjir merendam lima desa dan ruas jalan akibat jebolnya dua titik tanggul Sungai Babakan di Desa Ketanggungan dan Cikeusal Lor. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel