Berita Satuan

Tanggulangi Bencana Alam, TNI Belajar pada Pengalaman Militer AS

Dibaca: 54 Oleh 24 Jun 2014Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JakartaTentara Nasional Indonesia (TNI) membuka agenda latihan bersama table top exercise penanggulangan bencana alam Gema Bhakti dengan United States Pacific Command (USPACOM). Tujuan kegiatan ini untuk memberi pembekalan dan meningkatkan pemahaman prajurit TNI dalam prosedur dan mekanisme penanggulangan bencana.

Upacara pembukaan digelar formal ala militer di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (23/6/2014). Dari TNI diwakili oleh Staf Ahli TK II Bid. Hubungan Internasional Panglima TNI Brigjen TNI Endang Sodik dan dari USPACOM dihadri oleh Deputy J3, Brigadier General William Seymour.

“Kita akan sharing informasi. Pihak USPACOM kita akui kan pengalamannya lebih dari kita,” kata Endang.

Kegiatan ini diharaokan bisa meningkatkan performa individu dan institusi TNI dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Sementara itu, oleh pihak USPACOM, acara ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi dengan TNI. Dalam bahasa Inggris, Seymour meminta anggota TNI tak segan-segan bertanya karena acara tersebut memang dibuat sebagai ajang pembelajaran kedua negara.

“Jangan ragu untuk bertanya, kita akan belajar bersama-sama,” kata Seymour.

Diskusi ini akan dilaksanakan mulai 23 Juni hingga 27 Juni 2014. Meski melakukan pelatihan bersama, pihak TNI menekankan tak akan mengubah mekanisme penanggulangan bencana yang sudah diterapkan BNPB.

“Kegiatan ini bertujuan untuk saling mengetahui. Jika suatu saat nanti USPACOM memberi bantuan pada kita, mereka sudah tau mekanisme kita. Begitu juga sebaliknya,” kata Endang, menjelaskan.

Rencananya, kegiatan ini akan secara rutin digelar tiap tahun. Setelah kegiatan yang bersifat table top atau diskusi ini, diharapkan akan digelar juga kegiatan simulasi yang digelar di lapangan. (Rinaldy Sofwan Fakhrana)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel