Kodam IV/Diponegoro

Tingkatkan Hasil Panen dengan Alat Panen Padi Combine Harvester H-140 R

Dibaca: 38 Oleh 03 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dalam rangka meningkatkan hasil panen padi, Dinas Pertanian Kaupaten Brebes menggelar acara “ Sosialisasi Dan Pemanfaatan Alat Panen Padi Combine Harvester H-140 R “ dilahan pertanian Desa Bulusari Kecamatam Bulakamba Kabupaten Brebes. Rabu (02/09/2015). Turut menghadiri dalam acara tersebut Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S. IP, anggota Komisi II DPRD Kab. Brebes bapak Rawuh Gunawan, Kepala Dinas Pertanian tanaman Pangan dan Holtikultura Kab. Brebes bapak Ir. Budhiharso Dwi Hartono, Muspika Kec. Bulakamba, Danramil jajaran Kodim 0713/brebes dan Gapoktan serta para petani se Kecamatan Bulakamba.

Dalam acara tersebut para kelompok tani mendapatkan sosialisasi tentang penggunaan alat panen padi Combine Harvester H-140 R oleh pembimbing dari PT KHS yang memproduksi mesin alat pemanen padi tersebut. Combine Harvester H-140 R merupakan mesin alat panen padi kombinasi yang menjalankan tiga fungsi sekaligus yaitu pemotongan, perontokan dan pemilahan gabah dengan jerami. Combine Harvester H-140 R mempunyai beberapa kelebihan diantaranya, tenaga kerja yang dibutuhkan lebih sedikit hanya cukup dua orang, waktu pemanenan lebih singkat yaitu untuk 1 Ha dalam waktu 2 hari bisa selesai, hasil pemotongan padi lebih bersih dibandingkan dengan hasil panen dengan tenaga manusia, kehilangan hasil gabah lebih sedikit yang tercecer/terbuang dan biaya panen yang lebih murah sehingga sangat mendukung upaya pencapaian swasembada pangan.

Dalam sambutannya Bupati Brebes mengatakan, “ Pemerintah pusat, Provinsi dan tentunya pemerintah daerah Kab. Brebes didalam memberikan dukungan khususnya untuk peningkatan kesejahteraan untuk petani diantaranya sangatlah besar sekali. Ini telah dibuktikan dengan diberikannya beberapa bantuan dan dukungan untuk para kelompok tani diantaranya pemberian bibit-bibit, penyediaan pupuk bersubsidi dari pemerintah dan pendampingan-pendampingan penyuluhan. Saya berharap hasil panen harus bisa dinikmati oleh para petani agar bisa meningkatkan ekonomi keluarga “.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S. IP menyampaikan, “ Saya ingin menyemangati kepada bapak-bapak petani bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah sangat berkomitmen dengan berbagai macam cara ingin mensejahterakan petani. Lahan persawahan di Kabupaten Brebes ini luasnya 60.659 Ha yang mana dengan segala daya dan upaya kita bersama bekerja keras dan Alhamdulilah kita berhasil sehingga Kabupaten Brebes dapat meraih peringkat ke 4 tingkat nasional dalam pencapaian realisasi tanam. Itu semua berkat kerjasama yang baik antara petani dengan kami sebagai pihak yang terkait. Mari kita bersama mendukung pemerintahan ini dalam pencapaian target ketahanan pangan nasional “.

Setelah acara sosialisasi selesai, Bupati Brebes bersama Dandim 0713/Brebes beserta rombongan mencoba mengoperasionalkan mesin alat panen padi Combine Harvester H-140 R dilahan persawahan Desa Bulusari Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. 21 unit mesin alat panen padi Combine Harvester H-140 R dalam waktu dekat akan didistribusikan kepada kelompok-kelompok tani di 8 Kecamatan se Kabupaten Brebes.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel