Skip to main content
Berita Satuan

TNI AD dan US Army Tandatangani Minutes MPC Garuda Shield-16/2022, 14 Negara Akan Bergabung Dalam Latihan Ini

Dibaca: 221 Oleh 07 Apr 2022Tidak ada komentar
TNI AD dan US Army Tandatangani Minutes MPC Garuda Shield-16/2022, 14 Negara Akan Bergabung Dalam Latihan Ini
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Setelah sukses pada tahun 2021 sebagai latihan bersama terbesar yang pernah diselenggarakan antara TNI AD dan AD negara sahabat, Latma Garuda Shield akan kembali digelar pada tahun 2022. Berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu, kali ini Latma akan melibatkan 14 AD negara termasuk Indonesia. Hal ini terungkap saat penandatanganan minutes atau hasil kesepakatan yang telah didiskusikan dalam rapat Middle Planning Conference (MPC) pada tanggal 5 s.d. 7 April 2022 di Hotel El Royal, Kamis (7/4/2022).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodiklatad, bertindak sebagai ketua delegasi dari TNI AD yaitu Dirlat Kodiklatad, Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han) dan delegasi negara sahabat dipimpin Kepala Kantor Kerja Sama Pertahanan Amerika Serikat, Colonel Ian Francis.

Rapat kali inipun dihadiri sejumlah perwakilan negara sahabat yang akan terlibat dalam latma Garuda Shield-16/2022 di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Kanada, PNG, Timor Leste, Australia, Malaysia, Singapura dan Jepang.

Dalam pelaksanaannya, rapat ini dibagi menjadi beberapa working group yang mendiskusikan detail latihan di antaranya Staff Exercise, Field Training Exercise, Combined Armed Live Fire Exercise, Aviation, Medical Exercise, Logistics & Protocol, Life Fire Exercise, Civil Military Coordination, ENCAB, Counter IED, Force Protection, Airborne dan Special Operations.

Baca juga:  Erwin Syafitri Jabat Wakil KSAD, Pos Pangdam Jaya Kosong

Latma Garuda Shield-16/2022 akan diselenggarakan pada tanggal 1 s.d. 14 Agustus 2022 di dua daerah latihan sekaligus yaitu Puslatpur Kodiklatad Baturaja dan Puslatpur Kodam VI/Mlw Amborawang. Selanjutnya kedua belah pihak secara bersama-sama akan melaksanakan agenda berikutnya yakni site survey untuk meninjau langsung lokasi latihan termasuk point of entry personel dan materiel memasuki Indonesia serta transportasinya menuju daerah latihan. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel