Kodam Iskandar Muda

Tradisi Menyambut Ramadhan, Kesdam IM Potong Tiga Ekor Sapi

Dibaca: 208 Oleh 17 Jun 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Banda Aceh – Meugang adalah tradisi yang sudah turun menurun di Aceh, sehari sebelum memasuki bulan suci ramadhan , Kesdam IM gelar meugang dengan memotong tiga ekor sapi di Kuta Alam, Rumkit Tk II Iskandar Muda Makesdam IM. Rabu (17/6/15). Kegiatan tersebut yang dipimpin langsung oleh Kepala kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kakesdam IM), Kolonel Ckm dr, Syafruddin,Sp,OG.

Menurut Kolonel Ckm dr, Syafruddin,Sp,OG, Meugang yang ada di Aceh ada dua tradisi yaitu Meugang Ubeut dan Meugang Rayeuk. Meugang Ubeut dilakukan 2 hari sebelum puasa sedangkan Meugang Rayeuk satu hari sebelum puasa.
Selain itu, dr, Syafruddin,Sp,OG juga mengatakan bahwa kegiatan meugang ini selain melaksanakan tradisi yang ada di daerah Aceh juga untuk menunjukan bahwa  sangat memperhatikan wilayah sekitar dengan membantu keluarga yang kurang mampu agar dapat melaksanakan meugang dengan rasa suka cita.
Selajutnya, sapi yang sudah dipotong dagingnya dibagikan kepada Personel dan kepada masyarakat binaan Kesdam IM, dan tak lupa Kakesdam juga mengucapkan Selamat menyambut bulan suci ramadhan kepada Personel Kesdam dan masyrakat Binaan Kesdam IM.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel