Skip to main content
Rilis Pimpinan

Wakasad Pimpin Peresmian Satuan Baru, Pembekuan dan Alih Kodal Satuan TNI AD

Dibaca: 1124 Oleh 22 Nov 2022Tidak ada komentar
Wakasad Pimpin Peresmian Satuan Baru, Pembekuan dan Alih Kodal Satuan TNI AD
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id- Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., memimpin acara Peresmian Satuan Baru, Pembekuan dan Alih Kodal Satuan di Jajaran TNI AD yang diselenggarakan di Aula AH. Nasution, Mabesad. Selasa, (22/11/2022).

Penataan dan peresmian satuan tersebut meliputi 2 satuan Kostrad, yaitu Brigif 14/Mandala Yudha Divif I/Kostrad dan Yonif 318/Adhirajasa Yudha Brigif 14/Mandala Yudha Kostrad sebagai tindak lanjut pembekuan Batalyon Mandala Yudha Kostrad.

Peresmian Resimen Arhanud 2/Sisingamangaraja Kodam I/BB, serta tujuh satuan Kodim baru yang tersebar di lima wilayah Kodam, antara lain: Kodim 0625/Pangandaran di wilayah Kodam III/Siliwangi, Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/Kabupaten Boalemo di wilayah Kodam XIII/Merdeka, Kodim 1430/Konawe Utara di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin, Kodim 1513/Seram Bagian Barat dan Kodim 1514/Morotai di wilayah Kodam XVI/Pattimura serta Kodim 1812/Pegunungan Arfak di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

“Kemudian dilaksanakan juga Alih Kodal dari Kodam III/Slw ke Kesatuan Kostrad yaitu Yonif 320/Badak Putih menjadi Yonif Mekanis 320/Badak Putih Kostrad,” kata Wakasad saat membacakan sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman.

Lebih lanjut disampaikannya, penataan dan pembentukan satuan ini merupakan upaya TNI AD dalam memenuhi pembangunan Kekuatan Pokok Minimum atau Minimum Essential Force (MEF) yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan berbasis kemampuan sesuai dengan kebijakan strategis TNI AD 2010-2029.

“Penataan dan pembentukan satuan ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Darat,” lanjut Wakasad.

Di akhir sambutannya, Kasad menekankan kepada para unsur pimpinan beserta staf terkait, untuk segera melaksanakan penyesuaian program kerja dan anggaran satuan masing-masing, sehingga pelaksanaan peresmian dan alih kodal satuan-satuan jajaran TNI AD ini dapat berlangsung sesuai tujuan dan sasaran yang ingin dicapai serta terciptanya tertib administrasi. (Dispenad)

Kirim Tanggapan