Kodam V/Brawijaya

1925 Personel Gabungan, Disiapkan Amankan Kunker Presiden RI di Tuban.

Dibaca: 72 Oleh 10 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Tuban ( 10/11 ). Baru Senin pagi 9 Nopember 2015 pada pukul 09.00 wib, telah dilaksanakan gelar pasukan pengamanan yang diikuti oleh Pasukan Gabungan TNI, Polri dan Pemda Kab. Tuban, dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Presiden RI ke PT Trans Pasific Petrocemical Indotama ( TPPI ), yang berlokasi di Helly Pad PT. TPPI Desa Remen Kec. Jenu Kab. Tuban, dengan kekuatan 540 personel, beberapa jam kemudian secara mendadak Danrem 082/CPYJ mendapat informasi dan perintah mendadak tentang adanya kepastian dan perubahan shcedul kunjungan kerja Presiden RI. Kepastiannya adalah tentang route kedatangan rombongan yang dipastikan menggunakan jalur darat, dan perubahannya adalah karena ciri khas Bapak Presiden RI yang tidak ingin merepotkan Pemerintah Daerah, maka acara makan siang direncanakan di RM “ Kayu Manis “ Kota Tuban.

Berbekal kesungguhan akan tanggung jawab yang diembannya dalam melaksanakan tugas Pam VVIP serta menyangkut pengerahan personel pengamanan yang lebih banyak lagi, maka Kolonel Inf Irham Waroihan S.Sos selaku Dansatgaspamwil menggelar rapat mendadak di Makodim 0811/Tuban demi merencanakan pengerahan pasukan yang lebih kongkrit terkait adanya perubahan tersebut.

“ Rencana awal gunakan jalur udara atau Hellycopter, tetapi karena adanya perubahan mendadak menggunakan jalur darat, maka komposisi dan jumlah personel harus ditata ulang untuk menyiapkan kekuatan yang lebih kongkrit dalam pengamanan tersebut, dan hal demikian adalah sesuatu yang biasa terjadi, yang menuntut kesiapan pasukan pengamanan setiap saat “, kata Danrem 082/CPYJ mengawali rapat dadakan tersebut.

Rapat yang diikuti oleh unsur pimpinan semua pihak yang terlibat dalam Satgaspamwil VVIP Tuban yang langsung dipimpin oleh Danrem 082, selain Dandim 0811/Tuban juga dihadiri oleh Dandim 0812/Lamongan selaku Dansatgaspam Route wilayah Lamongan, Dandim 0813/Bojonegoro selaku Dansatgaspamwil Route wilayah Tuban, Kapolres Lamongan, Kapolres Tuban, Sekda Kab. Tuban, Kasatpol PP Pemda Kab. Tuban, para Kasat Lantas Polres Tuban dan Polres Lamongan, para Kasatreskrim Polres Tuban dan Polres Lamongan, para Danramil jajaran Kodim 0811/Tuban, juga unsure pimpinan lainnya baik dari TNI, Polri maupun Pemda Kab. Tuban yang terkait, sehingga tidak kurang dari 75 orang mengikuti rapat tersebut dengan seksama.

Dari pelaksanaan paparan Dansatgaspamwil Route wilayah Lamongan disimpulkan bahwa untuk mengamankan route darat sepanjang pelintasan di wilayah Lamongan disiapkan sebanyak 750 personel gabungan TNI dan Polri dari Kodim Lamongan dan Polres Lamongan, sedang dari pelaksanaan paparan Dansatgaspamwil Route wilayah Tuban disimpulkan sebanyak 535 personel TNI disiapkan untuk mengamankan route wilayah Kab. Tuban, sementara untuk RM “ Kayu Manis “ guna rencana makan siang Bp. Presiden RI beserta rombongan disiapkan 300 personel TNI.

Sementara untuk menyambut dan menunjukkan sikap antusiasme masyarakat Kab. Tuban terhadap kunjungan Presiden RI, Sekda Kab. Tuban merencakan untuk melibatkan siswa / siswi sekolah dengan berjajar disepanjang jalan pada route pelintasan di wilayah Kab. Tuban dengan melambaikan bendera merah putih kecil sebagai sambutan selamat datang dari masyarakat untuk rombongan Bp. Presiden RI, dan rencana tersebut memperoleh atensi positif dari Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Irham.

Diakhir rapat tersebut disimpulkan dan diputuskan oleh Dansatgaspamwil bahwa dalam pelaksanaan Pam VVIP tersebut akan dikerahkan personel pengamanan sebanyak tidak kurang dari 1925 personel dari TNI, Polri, Satpol PP, Unit Damkar Kab. Tuban, Unit Kesehatan Kab. Tuban, Dinas Perhubungan Kab. Tuban, dan jumlah serta komposisi tersebut masih dimungkinkan akan mengalami perubahan sesuai dinamika dilapangan, dan kita harus siap menghadapi semuanya, serta harus sukses, pungkas Danrem 082/CPYJ mengakhiri rapat tersebut.( Penrem 082/CPYJ )

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel