Berita Satuan

Satgas Pamtas Yonif R 509 Sosialisasikan Bela Negara di Distrik Web

Satgas Pamtas Yonif R 509 Sosialisasikan Bela Negara di Distrik Web
#TNIAD 

JAKARTA, tniad.mil.id – Membentuk karakter generasi muda di perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad membekali bela negara dengan mensosialisasikan wawasan kebangsaan di Distrik Web.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharommah dalam keterangan tertulisnya di Keerom, Papua, Sabtu (18/1/2020).

Dijelaskan Wira, selain melaksanakan tugas pengamanan perbatasan negara, prajurit TNI yang bertugas juga memliliki kewajiban membentuk karakter generasi muda yang tangguh untuk dapat membangun daerahnya dengan jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Sosialisasi bela negara kali ini, kami tujukan bagi siswa dan siswi SMP 01 Yuruf, Distrik Web. Tujuannya untuk memupuk kesadaran bela negara sejak usia muda, sehingga kelak generasi muda di perbatasan ini mampu membangun daerahnya dan terpanggil untuk membela bangsa dan negara dari ancaman disitegrasi bangsa serta keutuhan NKRI,” tuturnya.

Lebih lanjut Wira mengungkapan, setiap warga negara harus siap mempertahankan kedaulatan negara dari segala bentuk ancaman san gangguan yang ingin memecah keutuhan NKRI.

Baca juga:  DANREM: PERUMAHAN MERUPAKAN KEBUTUHAN POKOK PRAJURIT Bangka Tengah

“Kami perlu membentengi generasi muda dengan pemahaman-pemahaman menjadi warga negara yang baik dan diatur dalam Undang-Undang dan konstitusi negara,” imbuhnya.

“Pancasila dan UUD 1945 telah menyatukan seluruh bangsa Indonesia dalam suatu bingkai NKRI, ini yang harus selalu dijaga dan dipertahankan oleh generasi penerus bangsa,” imbuhnya.

Terpisah, Danpos Yuruf, Lettu Inf Ryan Krisna mengatakan tema kegiatan tersebut adalah “Membentuk Generasi Emas Bangsa Yang Berkarakter dan Anti Radikalisme”.

“Kami memberikan pemahaman kepada siswa dan siswi bahwa bela negara merupakan suatu tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur, menyeluruh dan terpadu,” ujar Ryan.

Ryan Krisna juga mengatakan bahwa Pancasila telah dapat mempersatukan rakyat Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam agama, suku, bahasa dan asal-usul keturunan.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari Kepala Sekolah SMPN 01 Yuruf Melky Poul (50).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pos Yuruf yang telah memberikan sosialisasi tentang bela negara, semoga apa yang disampaikan dapat ditanamkan dan dilaksanakan oleh para siswa sebagai generasi muda penerus bangsa dalam mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (Dispenad)

Baca juga:  PRAJURIT KODAM VI/MLW DAN POLDA KALTIM MELAKSANAKAN SIMULASI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel