Satgas Pamtas

Senam Bersama Pelajar SD, Satgas Yonif 509 Jaga Kebugaran dan Imunitas Anak Papua

Oleh 20 Mar 2020 Tidak ada komentar Dibaca: 9
Senam Bersama Pelajar SD, Satgas Yonif 509 Jaga Kebugaran dan Imunitas Anak Papua
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Bukan hanya menjaga kebugaran, kegiatan senam bersama yang digelar Satgas Pamtas Yonif R 509 bersama para pelajar di SD YPPK Epinosa di Distrik Waris, juga untuk menjaga dan memelihara imunitas (kekebalan) tubuh.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharommah dalam keterangan tertulisnya di Keerom, Papua, Kamis (19/3/2020).

Dikatakannya, imunitas atau kekebalan tubuh seseorang dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatannya, termasuk dalam rangka mencegah dan melawan mikroba patogen, seperti virus yang dapat merusak tubuh.

“Jadi imunitas merupakan kemampuan tubuh kita dalam melawan penyakit. Ini tidak saja didapat dari asupan makanan dan gizi, tapi juga dari pola dan gaya hidup kita,” ujar Wira.

Kemudian Wira jelaskan bahwa pada dasarnya setiap orang ingin hidup sehat, namun tidak semua orang dapat menjalankan pola hidupnya secara sehat.

“Pola hidup ini tergantung kepada kondisi diri dan lingkungannya, seperti makan dan minum, istirahat, termasuk juga berolahraga tentunya,” ucap Wira.

Baca juga:  Peduli Warga Papua, Satgas Yonif 509 Gelar Layanan Kesehatan di Pegunungan Bintang

Menurut Wira, bagi beberapa orang , terkadang olahraga hanya dipandang sebagai kegiatan untuk mengeluarkan keringat dan membuat tubuh jadi berotot kuat. Padahal menurutnya, olahraga ialah melakukan serangkaian aktivitas yang menggerakkan organ dan sirkulasi darah dalam tubuh.

“Dari situlah, akhirnya terjadi regenerasi dan perbaikan sel yang memiliki kemampuan dalam menahan berbagai virus atau penyakit,” tegas Wira.

“Tentunya juga diiringi dengan pola makan dan pola istirahat yang berimbang dan cukup,” tambah dia.

Terkait dengan hal itu, bersama angggotanya senantiasa mengajak warga maupun anak-anak untuk berolahraga.

“Seperti yang dilakukan anggota Satgas di SD YPPK Epinosa Distrik Waris, di tengah kegiatan pengamanan wilayah Kabupaten Keerom, mengajak para pelajar untuk olahraga senam,” terang Wira.

Menurut Wira lagi, meski pola itu terlihat sepele, tapi akan sangat bermanfaat, jika olahraga telah menjadi budaya dan gaya hidup anak-anak Papua.

“Mereka akan tumbuh menjadi anak yang sehat, bugar dan berdaya saing. Mereka dapat bersekolah dengan baik, karena tidak harus izin karena sakit,” tandasnya.

Baca juga:  Alami Kecelakaan, Pelintas Batas Warga Timor Leste di Tolong Satgas Yonif 142

Senam Bersama Pelajar SD, Satgas Yonif 509 Jaga Kebugaran dan Imunitas Anak Papua

Sementara itu, selain mengucapkan terima kasih, Yanuarius Yelepele, S.Sos (32), Kepala Sekolah SD YPPK Epinosa mengungkapkan rasa senangnya karena berkat kepedulian Satgas, anak-anak terlihat gembira dan bersemangat untuk ikut olahraga dan belajar.

“Saya melihat siswa dan siswi kami sangat senang dengan senam bersama ini, anak – anak terlihat gembira dan sangat antusias mengikuti kegiatan bersama bapak-bapak TNI ini,” tukasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel