Kodam V/Brawijaya

Anggota Koramil bersama Dinas Kehutanan Kabupaten Kediri, melakukan Gerakan Wilis Hijau

Dibaca: 50 Oleh 13 Feb 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

KEDIRI- Kawasan di sebelah selatan lereng Gunung Wilis yang masuk wilayah Kabupaten Kediri, tahun lalu penuh dengan fenomena kebakaran hutan yang saling sambung menyambung dan beruntun, khususnya yang berlokasi paling parah di wilayah Kecamatan Grogol. 
 
TNI bersama Dinas Kehutanan Kabupaten Kediri, melakukan Gerakan Wilis Hijau, dengan menanami tanaman dilokasi yang tahun lalu terkena dampak kebakaran hutan. Untuk lebih efektif dan efisien, pelaksanaan penghijauan dititikberatkan dalam 5 sektor, yaitu Kecamatan Mojo, Semen, Tarokan , Banyakan dan Grogol, Jumat (12/2).
.
 
Khusus Kecamatan Tarokan, Banyakan dan Grogol dari Koramil 05/Grogol ,hanya menempatkan masing-masing hanya 2 orang saja, karena pada hari yang bersamaan Koramil Grogol melakukan karya bakti di Desa Janti Kecamatan Tarokan dan Desa Kalipang Kecamatan Grogol.
 
Untuk menutupi kekurangan yang ada di Kecamatan Grogol, Tarokan dan Banyakan, diperbantukan beberapa perangkat desa sekitar lokasi ditambah pegawai Kecamatan yang sudah ditunjuk oleh Camat masing-masing. Sedangkan Koramil 06/Mojo dan Koramil 22/Semen, dibantu oleh Polsek Mojo dan Polsek Semen dalam menanam bibit-bibit pohon yang ada di Kecamatan Mojo dan Semen.
 
Tanaman yang ditanami dilereng gunung wilis tersebut ,terdiri dari 100 bibit sengon ,100 bibit mahoni, dan 300 bibit trembesi. Untuk 100 bibit sengon ditanam di Kecamatan Mojo, sedangkan 100 bibit mahoni ditanam di Kecamatan Semen ,dan 300 bibit trembesi ditanam di Kecamatan Grogol, Tarokan dan Banyakan. Ini dikarenakan lereng gunung wilis sendiri yang ada di wilayah Kabupaten Kediri, berada di 5 Kecamatan, yaitu Mojo, Semen ,Grogol, Tarokan dan Banyakan.
 
Khusus tanaman yang berlokasi di Kecamatan Mojo, seluruh penanganan dan pemeliharaan akan didukung sepenuhnya oleh warga setempat, karena lokasinya berdekatan dengan sumber air.   (Penrem 082/CPYJ).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel