Satgas Pamtas

Antisipasi Banjir, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Bersihkan Sungai di Perbatasan RI-RDTL

Dibaca: 59 Oleh 22 Sep 2020Tidak ada komentar
Antisipasi Banjir, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Bersihkan Sungai di Perbatasan RI-RDTL
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam menghadapi musim penghujan sekaligus untuk mengantisipasi banjir, personel Pos Oepoli Sungai Satgas Yonarmed 3/105 Tarik bersama masyarakat bergotong-royong membersihkan sungai di wilayah perbatasan RI-RDTL.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han)., dalam keterangan tertulisnya di Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (22/9/2020).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (21/9/2020) dipimpin Danpos Oepoli Sungai Serma Edy bersama beberapa personel memang sudah direncanakan sebelumnya, karena banyaknya tumpukan sampah di sekitar aliran sungai.

“Tumpukan sampah ini dikhawatirkan akan menghambat aliran air sungai yang akan mengakibatkan air sungai naik ke permukaan dan banjir, apalagi sekarang sudah memasuki pada pada musim penghujan,” ujarnya.

Antisipasi Banjir, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Bersihkan Sungai di Perbatasan RI-RDTL

Kegiatan ini lanjut Laode Irwan, sebagai wujud kepedulian Satgas kepada warga yang tinggal di wilayah perbatasan. Selain itu, melalui kegiatan ini akan tumbuh kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Pembersihan ini dilaksanakan guna mencegah penyumbatan air yang disebabkan oleh tumpukan ranting- ranting pohon maupun sampah yang menumpuk di aliran sungai tersebut, “jelasnya.

“Selain mengantisipasi akan terjadinya banjir, pembersihan aliran ini diharapkan mampu mengoptimalkan dalam mengairi area persawahan dan perkebunan warga,” tandas alumni Akmil 2002 ini.

Di tempat terpisah, Danpos Oepoli Sungai, Serma Edy mengatakan bahwa pembersihan sungai ini selain menggugah kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, juga sebagai ajang silaturahmi Satgas dengan warga perbatasan.

Antisipasi Banjir, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Bersihkan Sungai di Perbatasan RI-RDTL

“Aksi kami ini dilakukan atas gerakan hati serta kepedulian Satgas terhadap lingkungan wilayah binaan, serta mengantisipasi terjadinya penyumbatan air, ” sebutnya.

Sementara itu, Susan Kameo (48) yang ikut serta dalam pembersihan ini mengungkapkan rasa bangganya kepada Satgas karena begitu peduli untuk melaksanakan pembersihkan lingkungan di desanya.

“Terima kasih Bapak TNI yang sudah membantu membersihkan saluran air yang ada di desa ini. Sikap peduli seperti ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran warga untuk makin menjaga dan mencintai alam,” tuturnya sambil tersenyum. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel