Kodam XVII/Cenderawasih

Babinsa Bersama Warga Bangun Rumah Adat di Unurum Guay Jayapura

Dibaca: 1311 Oleh 02 Feb 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Prajurit TNI dari Koramil 1701-16/Unurum Guay bersama warga masyarakat Kampung Garusa bergotong royong membangun rumah milik salah satu warga barnama Yakobus Sasbe di Kampung Garusa, Distrik Unurum Guay, Kabupaten Jayapura, Rabu (1/2)

Rumah yang dibangun oleh Serma Petrus Pasele dan Serka Sudarno bersama 15 orang masyarakat sekitar murupakan salah satu rumah adat masyarakat di Kampung Garusa. Rumah tersebut berukuran 10 x 6 Meter dengan menggunakan bahan kayu dan beratapkan daun sagu, dimana bentuk rumah tersebut merupakan ciri khas rumah masyarakat Kampung Garusa yang secara turun temurun tetap terpelihara bentuknya.

Menurut Serma Petrus Pasele bahwa keberadaan rumah adat ini menjadi bukti nyata bahwa adanya komitmen kuat dari masyarakat untuk mempertahankan dan menunjukkan jati dirinya sebagai masyarakat yang beradab. Hal ini dikarenakan keberadaan rumah adat adalah merupakan simbol peradaban dan simbol kehidupan masyarakat dari masa ke masa.

Selain itu, Serma Petrus meyampaikan bahwa keberadaan rumah adat ini juga sebagai simbol persatuan dan kesatuan yang mengikat masyarakat adat di wilayah ini untuk selalu hidup rukun dan saling tolong menolong dalam semangat gotong royong.

“Kami selaku Babinsa selalu siap membantu masyarakat dalam setiap kegiatan agar sinergitas TNI-Rakyat selalu terjaga,” ungkap Serma Petrus Pasele.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel