Kodam I/Bukit Barisan

Babinsa Koramil 01/Rengat Beri Pembekalan Dan Pelatihan Kepada Anggota BPBD Kec. Rengat Kab.Inhu

Dibaca: 51 Oleh 22 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Rengat (21/9/2015) – Babinsa Koramil 01/Rengat Serda Dedi Iskandar Kodim 0302/Inhu memberikan pembekalan dan Pelatihan bela negara dan cara penangggulangan bencana dengan cepat dan tanggap kepada para relawan penanggulangan bencana Kec. Rengat di Halaman kantor BPBD Kec. Rengat Kab.Inhu.

Dengan pengarahan yang disampaikan Serda Dedi Iskandar, dalam rangka kegiatan pelatihan dan pengembangan relawan penanggulangan bencana dengan tema “Ideologi Nasionalisme dan Karakter Bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI” dalam membangun dan menumbuh kembangkan kembali rasa nasionalisme, patriotisme, persatuan dan kesatuan yang didasarkan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Untuk mewujudkan itu semua hilangkanlah Primordialisme, yaitu rasa kesukuan yang berlebihan. Dengan runtut, dan ilustrasi yang terang, Serda Dedi Iskandar menjelaskan apa, bagaimana dan mengapa Bela Negara diperlukan bangsa Indonesia. Seperti manusia, Negara mempunyai kedaulatan untuk hidup. Anatomi keutuhan wilayah perlu dijaga. Untuk kelangsungan hidupnya, perlu dijaga keamanannya. Negara Indonesia tidak dijaga oleh bangsa lain tetapi oleh warga sendiri. Seluruh warga Negara Indonesia, apapun pekerjaannya memiliki hak dan kewajiban bela Negara.

kegiatan dilaksanakan selama Dua hari diikuti oleh 30 orang relawan dari kecamatan Rengat Kab.Inhu, meliputi pembekalan pengetahuan, analisa alam dan kepekaan, tehnik pertolongan air, GPS, navigasi darat dan survivel disamping fisik dan mental mereka harus siap juga dituntut kesiapan dan mengasah naluri kesiapsiagaannya.

Serda Dedi Iskandar juga memberikan tehnik-tehnik bimbingan dasar evakuasi bukit, tali temali dan pembuatan tandu darurat, hal ini bertujuan agar para peserta pelatihan TAGANA dapat lebih terampil dan bahkan lebih memahami peran sebagai relawan siaga bencana.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel