Kodam Iskandar Muda

Babinsa Koramil 04/Calang Bantu Pok Tani Optimalisasi Lahan Sawah

Dibaca: 66 Oleh 13 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

CALANG – Dalam mendukung program swasembada pangan dan memotivasi kelompok tani binaanya dalam optimalisasi, Babinsa Koramil 04/Calang Kodim 0114/ Aceh Jaya Serda Mahyudin membantu kelompok tani Tunas Baru dalam optimalisasi lahan sawah dengan mengambil bibit untuk ditanam diarea yang sudah disiapkan di Desa Buntha Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Kamis (12/11).

Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Inf Deki Zulkarnaen menyampaikan bahwa peran babinsa dimasyarakat harus optimal dan wujud nyata dari peran Babinsa salah satunya mensukseskan program ketahanan pangan, program ketahanan pangan merupakan salah satu strategi pemerintah agar NKRI tidak bergantung masalah pangan dari luar negeri.

“Peningkatan ketahanan pangan melalui optimalisasi produksi pertanian contoh sektor yang harus terus dikembangkan guna terwujudnya keswasembadaan pangan yang secara tidak langsung kesuksesan dan meningkatnya sektor pertanian sangat berpengaruh dengan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Lanjut Dandim, kegiatan ketahanan pangan yang dilakukan tidak hanya sekedar melaksanaan penanaman saja, akan tetapi turut dilaksanakan sosialisasi, pengawasan dan evaluasi agar hasil di sektor pertanian dapat lebih maksimal ditiap tahunnya, Babinsa yang terus berperan aktif dan turun langsung ke lapangan tidak segan-segan untuk menyuarakan kepada kelompok taninya, agar mengikuti dan mematuhi pedoman serta petunjuk dalam pengelolaan lahan pertanian guna memperoleh hasil yang maksimal, selain itu didalam pengelolaan lahan diharapkan dapat terlaksana secara berkala dan tepat waktu.

Sementara itu, Serda Mahyudin mengungkapkan, dalam bertugas, saya selaku babinsa saya harus sadar sebagai seorang Prajurit TNI yang berjiwa profesional harus terus bukan hanya berperan sebagai unsur pertahanan Negara tetapi harus saya sadari bahwa mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan merupakan salah satu wujud dalam mempertahankan Negara dari sektor pangan dan apabila kita mencintai tanah air maka selaku babinsa saya akan terus mendukung serta mengoptimalkan program – program pemerintah yang salah satunya terwujudnya keswasembadaan pangan.

Pada kesempatan tersebut, ketua kelompok Tani Tunas Baru M. Juni menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Babinsa yang terus berperan aktif didalam membimbing dan mengarahkan kelompok tani sehingga kami selaku kelompok tani dapat mengerti dan terus bekerja keras agar hasil panen yang kami peroleh dapat lebih maksimal, yang pada tahun 2015 ini.

“Kami sudah pernah panen 1 kali dengan hasil 5 Ton/Ha dari lahan 25 Ha, sehingga harapan kami masa tanam yang saat ini sedang kami kerjakan hasilnya dapat lebih meningkat dari yang sebelumnya dengan intensitas hasil panen yang kami harapankan 6 s/d 7 Ton/Ha, kami selaku kelompok tani terus berkomunikasi dengan babinsa agar lahan yang kami kelola dapat berjalan dengan baik dan tidak terdapat hambatan ataupun kendala,”ungkapnya.

Lanjut M. Juni, kami tidak pernah segan-segan untuk menanyakan kepada babinsa khususnya mengenai pengetahuan tentang bercocok tanam padi, peran babinsa menurut kami sangat terasa nyata karena selain ikut membantu di lahan sawah yang kami kerjakan, Babinsa sering mengumpulkan kelompok tani kami untuk membahas kendala dan kesulitan kami didalam pengelolaan lahan pertanian.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel