Kodam V/Brawijaya

Babinsa Koramil Blega Intensif ke Sekolah Bekali Wawasan Kebangsaaan

Dibaca: 113 Oleh 20 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bangkalan,- Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 01 sampai 18, jajaran Kodim 0829/Bangkalan menyampaikan materi wawasan kebangsaan dan pelatihan baris-berbaris melalui kegiatan ektrakulikuler yang dilaksanakan di sekolah-sekolah baik SD, SLTP hingga SLTA secara terus-menerus.

Seperti halnyam, kegiaatan Koramil 09/Blega di bawah kepemimpinan Danramil Kapten Czi Dirjakiad Mudjakir perintahkan, Pelda Sugiro menyampaikan materi wawasan kebangsaan di SDN 1 Blega di ikuti oleh 60 orang siswa siswi kelas 6. Selasa 19 Januari 2016

Kegiatan tersebut ternyata mendapat respon positif baik oleh para siswa yang menjadi peserta kegiatan maupun dari para Kepala Sekolah, serta para pendidik yang pada saat itu sekolahnya mendapat kesempatan untuk menerima Babinsa di sekolahnya.

Kegiatan dari tentara-tentara kita yang ditempatkan di Desa-Desa sebagai seorang Babinsa, ternyata kegiatan tersebut bukan hanya dilaksanakan di daerah Blega Bangkalan saja, tetapi di tempat lain juga dilaksanakan, termasuk di wilayah Koramil 01 sampai 18 jajaran Kodim 0829/Bangkalan.

Danramil Kapten Czi Dirjakiad Mudjakir mengatan, “kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan yang dilakukan oleh prajurit-prajurit yang bertugas sebagai Babinsa bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi kepada para murid agar tidak melupakan sejarah perjuangan para pendahulu mereka dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan, sehingga lebih peduli lagi kepada Negara dan Bangsa,” terang Danramil.

Melalui wawasan kebangsaan dan pelatihan Peraturan Baris Berbaris diharapkan para siswa dapat lebih berdisiplin serta bisa menerapkan kedisiplinan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam melaksanakan tugas sebagai seorang siswa, maupun dalam kehidupan di lingkungan rumahnya.

“Mencermati pengertian dari wawasan kebangsaan menunjukkan betapa pentingnya penanaman wawasan kebangsan bagi seluruh warga negara Indonesia, wawasan kebangsaan sangat perlu ditanamkan sejak usia dini dan secara terus menerus ditanamkan, sehingga wawasan kebangsaan yang sudah ditanamkan tidak dengan mudah luntur”, imbuhnya.

Kegiatan para Babinsa memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan diera keterbukaan informasi , menurut pandangan penulis sangat tepat, karena siapapun tidak akan dapat membendung derasnya arus informasi, siapapun akan dengan mudah memperoleh informasi, baik informasi yang benar maupun informasi yang akan menyesatkan. Keberadaan Babinsa dalam memberikan pembekalan wawasan kebangsaan pada para siswa yang merupakan generasi penerus di masa yang akan datang, diharapkan bisa menjadi filter dalam menyaring segala informasi yang akan menyesatkan pemahaman berbangsa dan bernegara bagi para generasi penerus bangsa.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel