Satgas Pamtas

Bibit Sayur, Satgas Yonif 406 Tingkatkan Ekonomi Warga Papua

Dibaca: 32 Oleh 30 Mei 2020Tidak ada komentar
Bibit Sayur, Satgas Yonif 406 Tingkatkan Ekonomi Warga Papua
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Bantu tingkatkan ekonomi warga Papua di tengah Covid-19, Satgas Yonif 406/CK membagikan bibit sayuran sekaligus mengajak memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 406/KC, Letkol Inf Andy Soelistyo, K.P., S.Sos.,M.Tr (Han)., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Boven Digoel, Papua, Sabtu (30/5/2020).

Diungkapkan Dansatgas, pemberian bibit sayuran ini merupakan salah satu upaya Satgas membantu kesulitan yang dihadapi petani di wilayah binaan di tengah pandemi Covid -19.

“Kami melihat, selama pandemi ini banyak petani yang mengeluhkan kesulitan  untuk membeli bibit sayuran saja tidak mampu, karena pendapatan mereka juga jauh menurun,” ujarnya.

Menjawab kesulitan yang dihadapi petani kata Dansatgas, Pos jajarannya berusaha membantu mereka dengan memberikan bibit sayuran untuk ditanam di lahan milik warga.

“Selain bibit sayuran, personel Satgas juga membantu petani cara mengolah lahan yang benar, sekaligus mengajarkan mereka merawat tanaman agar tumbuh subur,” jelasnya.

“Personel kita punya kemampuan dan ilmu dalam hal pertanian, karena mereka sudah mendapat pelatihan dan pembelajaran dari Dinas Pertanian,” urai Andy.

Berbekal pengetahuan inilah jelas Andy, personel Pos Kotis dipimpin Pasiter Kapten Inf Puji Wahyono bersama enam anggota memberikan bibit sayuran sekaligus membantu warga Kampung Mawan, Distrik Mandobo mengolah lahan mereka pada Jumat (29/5/2020).

“Bibit sayuran yang kita bagikan di antaranya cabai, tomat, kangkung, sawi, kubis dan jagung,” sebutnya.

 

Bibit Sayur, Satgas Yonif 406 Tingkatkan Ekonomi Warga Papua

“Kami berharap, apa yang dilakukan ini dapat membantu warga Kampung Mawan yang sebagian besar mata pencahariannya sebagai petani dan terbantu untuk meningkatkan ekonominya,” tandas Andy.

Andy menjelaskan, dalam kegiatan ini Satgas jajarannya selalu bersinergi dengan instansi terkait yaitu dengan Dinas Pertanian Boven Digoel dan berkoordinasi dengan pemerintahan di Kampung Mawan, sehingga kesulitan warga dapat kita pecahkan secara bersama-sama.

“Sekali lagi, dengan segala keterbatasan, Satgas selalu berupaya membantu kesulitan warga, dan berharap Covid-19 ini bisa segera diberantas,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Kampung Mawan, Contan Koanbatak (39)  mengucapkan terima kasih kepada Satgas yang telah memberikan bibit sayuran dan mengajarkan cara bercocok tanam bagi warga kampungnya.

“Kami bangga kepada Bapak TNI yang bertugas menjaga perbatasan, sangat peduli kepada warga. Teruslah bersama kami Pak TNI, “pungkasnya sambil berharap. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel