Kodam V/Brawijaya

Buka Lahan Untuk Penghijauan Manggrove

Dibaca: 18 Oleh 01 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Surabaya(31/08)– Pasi Bhakti Teritorial Korem 084/Bhaskara Jaya Mayor Inf Herry H. memimpin pembukaan lahan untuk penanaman ribuan batang bibit Mangrove di G. Anyar Surabaya. Pembukaan lahan tersebut dilaksanakan untuk penanaman bibit mangrove yang rencanaya berlangsung milik aset Pemkot Surabaya tersebut dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi, Walikota Surabaya Ibu Tri Risma Maharini dan Muspida pada hari Jumat (4/09/2015) mendatang.

Sebagai implementasi penghijauan lingkungan dalam upaya pencegahan abrasi bersama masyarakat di bibir pantai Desa Gunung Anyar. Kegiatan yang dipelopori oleh Korem 084/BJ untuk membantu Pemkot Surabaya serta hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan guna mencegah terjadinya abrasi di sekitar bibir pantai.

Sementara itu, Mayor Herry mengatakan saat mengambil apel pembukaan lahan, bahwa tujuan utama dari gerakan ini adalah untuk menyelamatkan hutan Mangrove. Jika tidak segera direhabilitasi, maka pasti akan berdampak pada terganggunya ekosistem di kawasan ini. Ekosistem hutan mangrove dengan beragam vegetasi dan fauna asosiatifnya memiliki nilai ekologis dan ekonomis yang tinggi. Selain berperan sebagai pelindung pantai dari hempasan ombak juga tempat pencari makan berbagai jenis ikan, undang, kerang dan fauna lainnya. Mengingat pentingnya mangrove di desa G. Anyar bagi kehidupan masyarakat kota Surabaya karena selain dapat menghasilkan oksigen juga berfungsi untuk menyerap gas karbondioksida (CO2). (Penrem084/TI)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel