Berita Satuan

Calistung, Cara Unik Satgas Yonif 512/QY Tingkatkan Semangat Belajar Anak Papua

Dibaca: 2 Oleh 28 Mar 2021Tidak ada komentar
Calistung, Cara Unik Satgas Yonif 512/QY Tingkatkan Semangat Belajar Anak Papua
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Anggota Satgas Yonif Mekanis 512/QY Pos Kalipay memiliki cara tersendiri yang bisa dibilang unik untuk menarik minat anak-anak dan meningkatkan semangat saat memberikan bimbingan belajar di salah satu rumah warga di Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

“Calistung” adalah kepanjangan dari cara membaca, menulis dan berhitung yang biasa diucapkan oleh anggota Pos Kalipay saat sedang memberikan bimbingan belajar, ketika mendengar kata sederhana tersebut anak-anak menjadi tertawa dan bersemangat lagi untuk belajar.

Hal ini disampaikan oleh Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat dalam rilis tertulisnya, Minggu (28/03/2021).

“Masing-masing Pos di jajaran kami memiliki cara yang berbeda-beda dalam memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak, salah satunya Pos Kalipay yang memecahkan suasana jenuh dengan mengucapkan kata “Calistung”, anak-anak menjadi bersemangat kembali ketika mendengar kata tersebut, ” terang Dansatgas.

Ini merupakan suatu wujud nyata kecintaan TNI kepada anak-anak di perbatasan demi meningkatkan semangat belajar di tengah-tengah pandemi Covid-19, dan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Sementara itu, Edowardus Burman Tenjap (10) salah satu anak kelas IV sekolah dasar yang ikut dalam bimbingan belajar oleh Pos Kalipay tersebut mengaku bahwa merasa senang dan bangga karena dibimbing cara membaca, menulis dan berhitung langsung oleh TNI yang bertugas menjaga perbatasan, ia juga berharap agar anggota Pos sering datang ke kampung.

Calistung, Cara Unik Satgas Yonif 512/QY Tingkatkan Semangat Belajar Anak Papua

“Saya senang kalau Abang Tentara bilang Calistung, kita semua dan teman-teman senang Abang Tentara ajari kita berhitung matematika, semoga besok abang datang lagi ke sini untuk ajari kita lagi” ucap siswa kelas IV itu. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel