Satgas Pamtas

Cegah Covid, Satgas Yonif RK 744 Edukasi Warga Perbatasan Cara Membuat Disinfektan

Dibaca: 18 Oleh 31 Des 2020Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Selain bertugas pokok menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL, personel Pos Lookeu Satgas Yonif Raider Khusus 744/SYB juga mengedukasi warga dengan mengenalkan cara mudah membuat disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19 kepada warga di Desa Lookeu, Kecamatan Tasifeto Barat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider Khusus 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (31/12/2020).

Diungkapkan Dansatgas, pembuatan disinfektan ini dilatarbelakangi kepedulian personel Pos Lookeu dalam melihat kondisi penyebaran virus Covid-19 di Provinsi NTT khususnya di Kabupaten Belu yang mulai membuat beberapa masyarakat menjadi resah.

“Oleh sebab itu Danpos Lookeu Serka Athop Wichaksono berinisiatif membantu warga desa untuk dapat mencegah penyebaran virus Corona dengan menyediakan disinfektan secara mandiri dan memanfaatkan beberapa bahan yang mudah didapatkan,” ujarnya.

“Pada kesempatan itu Danpos Lookeu langsung menunjuk Tenaga Kesehatan (Takes) Pos Lookeu Pratu Risman Hidayat bersama 3 orang personel Pos untuk secara sukarela memberikan edukasi tentang cara membuat disinfektan yang mudah serta efektif sebagai sarana untuk mencegah penyebaran virus Covid- 19,” jelas Alfat Denny Andrian.

Di tempat terpisah, Pratu Risman menyebutkan beberapa bahan-bahan yang harus disiapkan dalam pembuatan disinfektan.

Cegah Covid, Satgas Yonif RK 744 Edukasi Warga Perbatasan Cara Membuat Disinfektan

“Adapun pembuatannya yaitu dengan 1 (satu) liter air tawar, kemudian dicampur dengan 2 (dua) sendok Bayclin, dan ditambahkan 2 (dua) sendok wipol atau karbol wangi, selanjutnya dicampur dengan 1 (satu) tutup botol atau 4 (empat) sendok makan pembersih lantai. Aduk dan masukkan dalam pompa penyemprot, dan disinfektan siap digunakan,” paparnya.

“Dengan memperkenalkan pembuatan disinfektan secara mandiri, menjadikan warga lebih mudah mendapatkan disinfektan untuk melindungi keluarga mereka dari bahaya virus Corona,” imbuh Risman.

Salah satu warga Desa Lookeu yaitu Bapak Petrus Berek (56) pekerjaan petani menyampaikan ucapan terima kasihnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak TNI (Pos Lookeu) yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu tentang cara membuat disinfektan dengan tujuan yang mulia agar kami semua dapat secara mandiri membantu memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” tutur Petrus bangga. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel