Satgas Pamtas

Cerdaskan Generasi Muda Perbatasan, Satgas Yonif 125/Si’mbisa Mengajar Anak-Anak di Toray

Dibaca: 47 Oleh 19 Agu 2020Tidak ada komentar
Cerdaskan Generasi Muda Perbatasan, Satgas Yonif 125/Si’mbisa Mengajar Anak-Anak di Toray
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Bantu meningkatkan mutu pendidikan dalam mencerdaskan generasi muda perbatasan Papua-PNG, Satgas Yonif 125/Si’mbisa mengajar anak-anak di SD YPK Toray, Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (19/8/2020).

Diungkapkan Dansatgas, bantu mengajar anak-anak ini merupakan salah satu tujuan nasional sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Sadar dan peduli akan pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah perbatasan inilah yang mendorong prajurit Satgas Yonif 125/Si’mbisa ikut membantu mengajar di Sekolah Dasar YPK Toray,” ujarnya.

Pendidikan kata Anjuanda, merupakan salah satu Hak Asasi Manusia yang harus bisa dinikmati oleh setiap warga negara Indonesia, tanpa kecuali. Atas pandangan dan keinginan yang sama untuk mencapai tujuan tersebut, tiga orang personel Satgas Yonif 125/Si’mbisa dari Pos Toray dipimpin Serda Frans Tarigan membantu mengajar di Sekolah Dasar YPK Toray pada Selasa (18/8/2020).

Cerdaskan Generasi Muda Perbatasan, Satgas Yonif 125/Si’mbisa Mengajar Anak-Anak di Toray

“Tujuannya adalah turut serta dalam mencerdaskan anak-anak generasi bangsa, di samping itu juga sebagai salah satu upaya membantu kekurangan guru yang masih menjadi kendala bagi sekolah-sekolah yang berada di perbatasan RI-PNG,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, rata-rata prajurit Satgas Yonif 125/Simbisa mempunyai bekal dan keterampilan dalam mengajar, sehingga keterampilan tersebut kini diterapkan dengan mengajar anak-anak sekolah khususnya yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

“Semoga kehadiran Satgas dapat dirasakan manfaatnya oleh warga perbatasan, khususnya membantu meningkatkan mutu pendidikan anak-anak yang masih terbatas tenaga pengajarnya,” tandasnya.

Cerdaskan Generasi Muda Perbatasan, Satgas Yonif 125/Si’mbisa Mengajar Anak-Anak di Toray

Sementara itu, Kepala Sekolah SD YPK Toray Sarce Retraubun, S.Pd, (43), menyambut positif dan mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Yonif 125/Si’mbisa yang dengan sukarela membantu mengajar di sekolahnya.

“Kami sungguh senang ada Bapak Satgas yang bersedia membantu para guru yang ada di perbatasan dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan dan kecerdasaan anak-anak ini. Mereka adalah anak-anak kita yang kelak menjadi pemimpin bangsa di masa depan,” tuturnya.

“Kami pun berharap Satgas terus aktif membantu kami dalam memberi wawasan dan motivasi kepada anak-anak, khususnya bagi mereka yang menuntut ilmu di SD YPK Toray, “ pungkasnya senang. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel