Berita Satuan

Citarum Harum, Pusdikhub Kodiklatad Bangun Sistem Pengolahan Air Limbah Terpusat

Dibaca: 44 Oleh 05 Mar 2020Tidak ada komentar
Citarum Harum, Pusdikhub Kodiklatad Bangun Sistem Pengolahan Air Limbah Terpusat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk membantu mewujudkan program Citarum Harum, Pusat Pendidikan Perhubungan (Pusdikhub) Kodiklatad membangun dua unit Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT) yaitu Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas).

Hal tersebut disampaikan Danpusdikhub, Kolonel Chb Fitry Taufiq Sahary, S.E.,M.M. dalam keterangan tertulisnya di Cimahi, Rabu (4/3/2020).

Fitry menjelaskan bahwa pembangunan SPALDT ini merupakan salah satu langkah konkret dari Pusdikhub Kodiklatad dalam menjawab persoalan sosial yang sedang berkembang di wilayah Cimahi seperti permasalahan lingkungan khususnya pembuangan limbah ke sungai.

“Dibuatnya fasilitas ini bertujuan untuk mengolahan limbah domestik terpusat yang akan memberi dampak positif bagi kehidupan warga perumahan Pusdikhub. ”, terangnya.

Lebih lanjut Fitry menerangkan,selain sistem terpusat, juga membangun perilaku sehat dan pola pikir lebih maju sebagai modal dalam meningkatkan kesejahteraan sekaligus menambah wawasan dalam upaya pemeliharaan lingkungan dalam rangka menciptakan suasana kehidupan yang lebih manusiawi.

Citarum Harum, Pusdikhub Kodiklatad Bangun Sistem Pengolahan Air Limbah Terpusat

Ia pun menjelaskan bahwa sistem pengolahan limbah domestik terpusat ini merupakan _water treatment_ yang dibangun atas kesadaran agar limbah dari warga Pusdikhub tidak dibuang secara langsung ke sungai.

“Melainkan terlebih dulu diolah melalui sistem instalasi di dalamnya. Sehingga pemanfaatannya dapat memberi kontribusi terhadap upaya yang sedang digalakkan yaitu program Citarum Harum, “ imbuhnya.

Citarum Harum, Pusdikhub Kodiklatad Bangun Sistem Pengolahan Air Limbah Terpusat

Dirinya berharap, fasilitas yang dibangun dengan bantuan APBN ini benar-benar bermanfaat dan dimanfaatkan secara optimal oleh warga Pusdikhub, terutama untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga Pusdikhub dan lingkungannya.

Pada acara peresmian SPALDT di Pusdikhub ini hadir pula Kepala Balai Pengembangan Prasarana Wilayah (BPPW) Pemprov Jabar Feriko Asia Yogananta S.T., M.M. Kadis DPKP Kota Cimahi Ir. M. Nur. Kuswandana M. Eng. S.C., dan perwakilan Satgas Citarum Harum. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel