Kodam XVII/Cenderawasih

Dandim 1702/Jayawijaya  dan Kapolres Kab. Jayawijaya Jaga Stabilitas Keamanan Di Wilayah Wamena – Papua

Dibaca: 1419 Oleh 19 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dandim 1702/JWY Letkol Inf Yusuf Sampetoding dan Kapolres Jayawijaya AKBP Adolf Rudi Beay S. Ik. S. E mengelar pertemuan antara KPUD Jayawijaya, Panwaslu serta Caleg yang tidak lolos dalam Pemilu Legislatif 2014 yang diikuti oleh   ± 1000 orang massa pendukung caleg bertempat di lapangan Mapolres Jayawijaya, Jalan Safri Darwin Distrik Wamena Kabupaten Jayawijaya. Sabtu, 14/6.

Latar belakang dari pertemuan tersebut, dikarenakan beberapa waktu yang lalu telah terjadi tindakan-tindakan pengrusakan jembatan, pemalangan beberapa jalan protokol dan pemadaman listrik PLN Wamena yang dilakukan oleh massa pendukung caleg yang tidak lolos dalam Pemilu Legislatif 2014. Untuk meredam aksi-aksi anarkhis massa tsb, maka  atas inisiatif Dandim 1702/Jayawijaya dan Kapolres Kab. Jayawijaya mengadakan pertemuan dengan Pemda Kab. Jayawijaya, para Caleg dan tokoh-tokoh masyarakat Kab. Jayawijaya, sehingga disepakati perlu adanya pertemuan antara para Caleg yang tidak lolos dengan pihak penyelenggara Pemilu Legislatif.

Adapun inti pertemuan antara para Caleg yang tidak lolos dengan pihak penyelenggara Pemilu Legislatif adalah para Caleg yang tidak lolos meminta penjelasan dari KPUD dan Panwaslu Kab Jayawijaya tentang adanya dugaan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif, penyampaian permasalahan dari masing-masing Caleg yang tidak terpilih, massa meminta agar SK (Surat Keputusan) penetapan kursi DPRD Kab. Jayawijaya di cabut, serta meminta kepada KPUD agar mengembalikan suara Caleg yang merasa dicurangi.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan bersama bahwa semua permasalahan yang dialami oleh para Caleg yang tidak lolos akan diselesaikan melalui proses hukum. Pertemuan tersebut dapat diselesaikan dengan baik, massa meninggalkan tempat pertemuan dengan tertib. Beberapa tokoh masyarakat Kab. Jayawijaya diantaranya Kepala Suku Muliama bapak Narigi Kurusai, Kepala Suku Asotipo Bpk Jimmy Asso dan Pdt. Esmon Walilo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 1702/Jayawijaya dan Polres Kab. Jayawijaya yang telah membantu memfasilitasi dan mengamankan pertemuan tersebut sehingga situasi Kab. Jayawijaya kembali aman dan kondusif.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Bupati Kab. Jayawijaya Jhon Wempi Wetipo, S.H, M.H, Wakil Bupati Kab. Jayawijaya Jhon Richards Banua, S.E, Ketua KPUD Jayawijaya Adi wetipo, Ketua Panwaslu Kab. Jayawijaya Laurent Lagoan, Kabag Humas Polda Papua Kompol I Made Artayasa serta Kasat Brimob Polda Papua AKBP M.D Fakhiri.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel