Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Dandim 1702/Jayawijaya Sambut Kedatangan Ketua KPU RI di Yalimo

Dibaca: 1 Oleh 27 Jan 2022Tidak ada komentar
Dandim 1702/Jayawijaya Sambut Kedatangan Ketua KPU RI di Yalimo
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id– Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang menyambut kedatangan Ketua KPU RI, Ilham Putra bersama rombongan di Bandar Udara Elelim, Distrik Elelim Kabupaten Yalimo, Rabu (26/1/2022).

Kedatangan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI beserta rombongan tersebut dalam rangka memantau langsung Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 172/PWY, setibanya di Kabupaten Yalimo, rombongan Ketua KPU RI menuju Sekretariat KPU Yalimo untuk melaksanakan Rapat Koordinasi terkait pelaksanaan PSU bersama Ketua KPU Yalimo, Dandim 1702/Jayawijaya, Kepala Kejaksaan Negeri Jayawijaya, Pejabat Bupati Yalimo serta Kapolres Yalimo.

Dandim 1702/Jayawijaya Sambut Kedatangan Ketua KPU RI di Yalimo

Ketua KPU RI, Ilham Putra mengatakan bahwa pihaknya datang untuk melihat dan memastikan PSU berjalan dengan baik. Sampai saat ini KPU Yalimo sudah menjalankan PSU sesuai proses dan ketentuan berkat dukungan Dandim, Kapolres bersama jajaran dan Pemerintah Daerah.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah berupaya dalam mendukung pelaksanaan PSU ini sehingga berjalan aman dan lancar. Jika nantinya ada calon yang kurang puas terkait proses PSU karena adanya dugaan potensi kecurangan maka bisa dilaporkan sesuai prosedur,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1702/Jayawijaya menyampaikan bahwa sebanyak 750 personel TNI dari Kodim 1702/Jayawijaya telah tergelar dan siap membackup kepolisian dalam tugas pengamanan demi kelancaran kegiatan PSU.

Dandim 1702/Jayawijaya Sambut Kedatangan Ketua KPU RI di Yalimo

“Dukungan yang kami berikan ini sesuai dengan perintah Danrem 172/PWY untuk terus bersinergi dan membackup pihak Kepolisian dalam mengamankan jalannya PSU di Kabupaten Yalimo. Termasuk melakukan pendekatan secara humanis kepada para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat sehingga pemalangan jalan yang sebelumnya terjadi dapat diselesaikan, begitu pula dengan perbaikan jembatan penghubung dua kabupaten yang dirusak oleh OTK,” katanya.

Pihaknya mengungkapkan, saat ini masyarakat sudah jenuh dengan konflik yang terjadi di Kab. Yalimo dan ingin segera mempunyai pemimpin baru untuk membangun kembali Kabupaten Yalimo.

“Masyarakat berharap PSU ini merupakan yang terakhir sehingga proses membangun kembali Kabulaten Yalimo dapat segera terwujud,” tambahnya.

Dandim 1702/Jayawijaya Sambut Kedatangan Ketua KPU RI di Yalimo

Setelah kegiatan Rapat Koordinasi, rombongan melakukan peninjauan ke TPS-TPS di Distrik Elelim. Adapun TPS yang dikunjungi yaitu TPS Kampung Sili dan TPS Kampung Bulmu Distrik Elelim.

PSU Yalimo ini diikuti dua pasangan calon yaitu Nahor Nekwek bersama John Wilil melawan pasangan Lakius Peyon dan Nahum Mabel. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan