Skip to main content
Kodam III/Siliwangi

Danrem 061/SK Panen Raya Padi di wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi

Dibaca: 50 Oleh 24 Sep 2022Tidak ada komentar
Danrem 061/SK Panen Raya Padi di wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin MA didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 061 Ny. Vira Rudy Saladin dan Pengurus Persit, beserta Kasiter Kasrem 061/Sk, Dandim 0607/Kota Sukabumi dan Ketua Persit KCK Cabang XVII Dim 0607 Kota Sukabumi melaksanakan panen raya padi di wilayah kodim 0607/Kota Sukabumi bertempat di Jl. Parigi RT 004 RW 04 Kel. Situmekar Kec. Lembursitu Kota Sukabumi, Sabtu (24/9/2022).

Dalam keterangan tertulis Penrangan Korem 061/SK, Dandim 0607/ Kota Sukabumi Letkol Inf Dedi Ariyanto menjelaskan bahwa pangan adalah kebutuhan yang sangat penting bagi siapapun, oleh karena itu pemerintah terus berupaya melakukan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan akan pangan bagi warga masyarakat. Upaya dan program sudah dilakukan oleh Pemerintah baik pusat maupun daerah, namun karena adanya perubahan situasi global iklim dan lain sebagainya, maka beberapa program tersebut menjadi terganggu.

Oleh karena itu Pemerintah beserta TNI melaksanakan kerjasama sesuai dengan tugas pokok TNI berdasarkan undang-undang nomor 34 tahun 2004 dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Sedangkan Brigjen TNI Rudy Saladin MA selaku Danrem 061 Surya Kancana, dalam keterangannya menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan serta membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, maka Kodim 0607/kota Sukabumi melalui Koperasi Suryakancana 0607 Kota Sukabumi memberikan program bantuan kepada para petani berupa pengelolaan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) seluas 44,3 hektar untuk dipergunakan dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kota Sukabumi.

Selain itu program bantuan yang telah diberikan melalui Koperasi antara lain adalah bantuan pinjaman tanpa bunga untuk olah tanam kemudian bimbingan teknis terhadap petani serta pembelian hasil panen para petani yang bekerja sama dengan Pemda Kota Sukabumi.

“Tugas ini juga tertera dalam fungsi teritorial TNI AD, dimana TNI bersama Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, baik melalui kegiatan itentifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi maupun pelatihan terhadap program-program pertanian di daerah.” ujar Danrem.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem juga mengucapkan terima kasih kepada Mabes TNI yang sudah menginisiasi program ketahanan pangan, kemudian kepada Kodim 0607/Kota Sukabumi selaku pelaksana di lapangan dan Pemda Kota Sukabumi serta seluruh Poktan dan juga kepada semua pihak yang terlibat yang telah membantu dan bekerja sama dalam mendukung program ketahanan pangan nasional.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Walikota Sukabumi, Kapolres Kota Sukabumi, Wakil Walikota Sukabumi, Sekda Kota Sukabumi serta Ketua Poktan Harum 2 Desa Situmekar. (Dispenad)

Kirim Tanggapan