Berita Satuan

Danrem 172/PWY Beri Pembekalan Kepada Lulusan Dikmata yang Akan Jadi Babinsa

Dibaca: 200 Oleh 02 Sep 2020Tidak ada komentar
Danrem 172/PWY Beri Pembekalan Kepada Lulusan Dikmata yang Akan Jadi Babinsa
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan memberikan pembekalan kepada Tamtama Remaja lulusan Dikmata TNI AD Tahun 2019 yang akan bertugas menjadi Babinsa di wilayah Korem 172/PWY.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 172/PWY, Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan, S.H, dalam rilis tertulisnya di Abepura, Kota Jayapura, Papua, Rabu (2/9/2020).

Diungkapkan Kapenrem, pembekalan yang diikuti 171 Tamtama remaja lulusan Dikmata TNI AD Tahun 2019 dilaksanakan di Aula Praja Wira Yakti, pada Selasa (1/9/2020).

Sementara itu di hadapan prajurit, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan bahwa seorang Babinsa harus mampu menggali potensi di wilayahnya dalam rangka memajukan kesejahteraan masyarakat.

“Kalian akan ditempatkan di daerah asal masing-masing. Sebagai salah satu putra terbaik yang berasal dari daerah tersebut, kalian dapat berperan penting sebagai pelopor di tengah masyarakat karena telah memahami situasi dan kondisi di wilayah tersebut dengan sangat baik,” jelasnya.

“Termasuk dalam memulai dan membangun potensi apa saja yang dapat memajukan kesejahteraan masyarakat setempat. Saya yakin hal tersebut dapat dilakukan mengingat kalian lahir dan besar di daerah ini,” sambung Danrem.

Danrem 172/PWY Beri Pembekalan Kepada Lulusan Dikmata yang Akan Jadi Babinsa

Pihaknya juga mengatakan, bertugas sebagai Babinsa harus juga mengedepankan komunikasi sosial dan kedekatan dengan masyarakat binaan.

“Komsos sangatlah penting dalam berkoordinasi dengan seluruh pihak, baik Pemerintah Daerah, tokoh agama, tokoh adat dan juga aparat Kepolisian,” sebutnya.

“Berinteraksilah dengan seluruh lapisan masyarakat secara intens untuk dapat menyerap aspirasi serta menggali informasi yang bermanfaat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di daerah tersebut,” tandas Izak Pangemanan.

Dalam kegiatan komunikasi sosial juga, tambahnya, dapat dijadikan sebagai wadah untuk menyampaikan peraturan dan kebijakan pemerintah.

“Sebagai contoh mengenai Otonomi Khusus yang saat ini menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Jadi kalian harus bisa menjelaskan fakta yang sebenarnya mengenai pelaksanaan otonomi khusus di Papua,” pesannya.

“Selain itu, dalam waktu dekat kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), sosialisasikan hal tersebut dengan baik agar masyarakat tetap menjaga Kamtibmas selama proses pemilu nantinya, sehingga Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan aman,” tutur Izak mengakhiri pembekalannya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel