Kodam V/Brawijaya

Hari Ke 21 TMMD Ke-96 TA. 2016 Laksanakan  Penghijauan

Dibaca: 121 Oleh 23 Mei 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Magetan, Memasuki hari ke dua puluh satu kegiatan TMMD Ke-96 TA. 2016 di wilayah Kodim 0804/Magetan tepatnya di Desa Manjung Kec. Panekan Kab. Magetan dilaksanakan kegiatan penghijuan. Senin (23/5/16).

Satgas TMMD dari Yonif 511/DY bersama-sama masyarakat setempat melaksanakan penghijuan di lokasi TMMD tepatnya di kanan dan kiri sepanjang jalan yang menjadi sasaran program TMMD, dengan menanam ratusan bibit pohon produktif kakao.

Menurut Danki SSK Lettu Inf Ismail bahwa pelibatan personel dalam kegiatan penghijauan di Desa Manjung sekitar 60 orang, terdiri dari SSK TMMD 20 orang, Kodim 0804 dan Koramil 0804/03 Panekan 10 orang, dan warga masyarakat 30 orang serta dihadiri Kepala Desa Manjung serta perangkat desa.

Lebih lanjut Lettu Inf Ismail menambahkan bahwa dijadikannya penghijauan sebagai sasaran fisik tambahan dalam kegiatan TMMD bertujuan untuk mengurangi pemanasan global (global warming).

Kegiatan penghijauan ini merupakan salah satu aksi nyata yang dapat mencegahburuknya kondisi lingkungan akibat pemanasan global yang saat ini sedang terjadi. Karena akibat pemanasan global menyebabkan siklus pergantian musim  menjadi sulit diprediksi, yang ditandai dengan musim kemarau menyebabkan kekeringan dan curah hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir. Manfaat penghijauan lingkungan diantaranya akan memperbaiki kualitas air tanah, mencegah banjir, mengurangi polusi udara dan masih banyak manfaat lainnya. Sedangkan bagi masyarakat Manjung dengan penghijuan tanam kakao ini, diharapkan nantinya akan bisa menambah inkam atau masukan. Yang mana tanaman kakao atau Biji Kakao adalah bahan utama pembuatan bubuk kakao (coklat), bubuk kakao adalah bahan dalam pembuatan kue, es krim, makanan ringan, susu, dan lain-lain.

Dalam bahasa keseharian masyarakat kita menyebutnya coklat. Karakter rasa coklat adalah gurih, dengan aroma yang khas sehingga disukai banyak orang khususnya anak-anak dan remaja. Jelas Danki SSK. (Penrem081).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel