Berita Satuan

Hormati Kearifan Lokal, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Ikuti Adat Upeti

Dibaca: 18 Oleh 04 Nov 2020Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Menghomati budaya, adat istiadat dan kearifan lokal merupakan salah satu upaya mendekatkan diri dengan masyarakat di tempat penugasan, seperti yang dilakukan anggota Pos Nilulat yang turut hadir pada pelaksanaan acara Adat Upeti untuk Rumah Adat dengan makna memberi makan Raja Lake Nilulat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han)., dalam rilisnya di Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Rabu (4/11/2020).

Diterangkan Dansatgas, adat istiadat di setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing., sehingga keberadaan Satgas di daerah penugasan harus mampu menghormati seluruh adat dan budaya serta kearifan lokal tersebut dan sedapat mungkin ikut melestarikannya.

“Personel kami tidak segan-segan membaur bersama masyarakat dengan ikut memikul bahan makanan dan hasil panen pada prosesi seserahan makanan untuk diserahkan kepada Bapak Raja, mereka juga ikut melakukan tarian adat tradisional,” ujarnya.

Kegiatan yang diikuti personel Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Pos Nilulat merupakan bentuk keikutsertaan dalam melestarikan budaya lokal sebagai wujud keragaman budaya nasional yang harus tetap diperlihara.

“Sementara itu Danpos Nilulat, Sertu Iswandi mengatakan, pada acara adat ini kami tidak hanya datang untuk menonton, tapi kami juga harus terlibat langsung karena kami merasa sudah menjadi bagian dari masyarakat Nilulat.

“Jadi kami mengikuti acara Adat Upeti ini dengan ikut memikul bahan makan dan hasil panen, serta ikut menari saat acara Tarian Gong sebagai tarian adat di sini,” tuturnya.

Ditambahkan Sertu Iswandi bahwa Bapak Raja Fedrus Lake (73) selaku tertua Raja Lake di Desa Nilulat yang menjadi tuan rumah pada acara Adat Upeti ini.

“Menurut kepercayaan masyarakat Desa Nilulat, acara Adat Upeti ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur serta harapan masyarakat kepada leluhurnya agar panen yang akan datang diberikan hasil yang semakin melimpah,” terangnya.

Sementara itu, mewakili keluarga Raja Lake, Benedikut Lake (56) selaku keturunan Raja Lake mengapresiasi turut hadirnya anggota Satgas Yonarmed 3/105 Tarik pada acara adat tersebut.

“Saya senang bapak TNI dari Pos mau ikut pada acara ini, mereka ramah dan juga mau membaur dengan masyarakat di sini. Semoga kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan setiap tahunnya sehingga masyarakat juga semakin akrab dengan bapak-bapak TNI yang ada di pos ini,” ujarnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel