Kostrad

Jadikan UTP Umum Untuk Meningkatkan Kualitas Keterampilan Prajurit

Dibaca: 515 Oleh 17 Mar 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

Uji Terampil Perorangan Umum (UTPU) merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan prajurit yang berdasarkan tingkat kepangkatan. Oleh karena itu, Detasemen Peralatan (Denpal) Divisi Infanteri 2/Kostrad melaksanakan UTP Umum di Markas Denpal Divif 2/Kostrad.

Adapun materi dari kegiatan tersebut berpedoman pada BPUP kecakapan 1 s.d. 7. Sedangkan untuk pelaksanaan UTP Umum berpedoman pada buku BPP UTP U/J yang didalamnya sudah terdapat aturan dan ketentuan pelaksanaannya.

Sedangkan materi yang diujikan meliputi pengetahuan umum militer diantaranya navigasi darat, tehnik dasar dalam bertempur, tali temali dan komunikasi. Kemudian untuk materi Kecabangan Peralatan meliputi beberapa komoditi yang terdiri dari kendaraan, senjata dan munisi serta teknologi mekanik.

Sebelumnya para prajurit sudah dibekali dengan latihan perorangan yang dilaksanakan dengan jangka waktu terukur dan terprogram dengan baik. Komandan Detasemen Peralatan (Dandenpal) Letkol Cpl Ahmad Rasli, S.T., menyampaikan, “Prajurit profesional dituntut untuk menguasai dan mahir melaksanakan tugas sesuai dengan pangkat dan jabatan. Untuk itu, diperlukan latihan secara maksimal, bertahap, bertingkat dan berlanjut. Guna mencapai sasaran tersebut, kegiatan latihan diawali dengan latihan perorangan sampai latihan satuan”, ungkapnya.

Baca juga:  Peduli Lansia di Perbatasan, Satgas Yonif R 303 Gelar Pengobatan Keliling

Selain itu, Dandenpal juga berharap agar setiap prajurit Denpal Divif 2/Kostrad sadar dan mengerti tentang pentingnya kemampuan perorangan dalam mendukung tugas pokok satuan. “Jadikan UTP umum ini sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan prajurit dalam melaksanakan tugas kedepan yang semakin berat dan kompleks,” pungkas Dandenpal.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel