Skip to main content
Kodam XVIII/Kasuari

Jawab Seruan Kasad Untuk Peduli Lingkungan, Kodam Kasuari Tanam 2.060 Pohon

Dibaca: 171 Oleh 15 Des 2023Tidak ada komentar
Jawab Seruan Kasad Untuk Peduli Lingkungan, Kodam Kasuari Tanam 2.060 Pohon
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Menjawab seruan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang mengajak Satuan Jajaran TNI AD untuk peduli lingkungan, Kodam XVIII/Kasuari dan jajarannya, mulai tingkat Korem, Kodim hingga Koramil, menanam 2.060 pohon secara serentak pada Kamis (14/12/2023).

Kegiatan tersebut terinspirasi dari pengarahan virtual Kasad dari Bantaeng, Sulsel, dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023 yang mengambil tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”, yang diikuti oleh Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., beserta jajarannya dari Kampung Katebu, Manokwari, Papua Barat.

Usai mengikuti pengarahan, Pangdam menyampaikan bahwa jajarannya akan melaksanakan arahan Kasad, mulai dari kegiatan pembersihan pasar, serta penanaman ribuan pohon dengan tujuan mencegah bencana longsor atau banjir bandang di masa mendatang.

“Kalau kita merawat hutan, maka hutan akan merawat kita. Pohon yang kita tanam disini beragam jenisnya. Ada pohon yang keras, juga pohon yang menghasilkan buah, jadi tidak sama di semua tempat. Seluruh jajaran Kodam Kasuari hari ini menanam kurang lebih 2.060 pohon, mulai dari daerah Sorong sampai daerah Fakfak, yang jenisnya disesuaikan dengan wilayah masing-masing,” terangnya.

Baca juga:  Satgas Yonif RK 136/TS, Korem 181/PVT dan Kodim 1809/Maybrat Pengobatan Massal dan Fogging

Lebih lanjut Pangdam menegaskan bahwa pohon yang ditanam itu bukan milik tentara, melainkan milik bersama. Untuk itu, Pangdam berharap masyarakat bisa turut andil dalam merawat pohon tersebut, karena manfaatnya juga akan kembali ke masyarakat.

Kegiatan peduli lingkungan lainnya yang telah dilaksanakan oleh Kodam XVIII/Kasuari sampai dengan saat ini yaitu karya bakti pembersihan lingkungan di sekitar pantai Pasir Putih, pemberian tali asih kepada Veteran, Warakawuri dan anak Yatim Piatu.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Papua Barat, perwakilan Basarnas, anak-anak Pramuka Saka Wira Kartika, personel Kodam, pengurus Persit PD XVIII/Kasuari, perangkat Kampung Katebu beserta masyarakat sekitar. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel