Dinas Penerangan

KASAD : Konferensi Kepala Staf Angkatan Darat Asia Pasifik Sebagai Instrumen Menjaga Stabilitas Keamanan

Dibaca: 7 Oleh 15 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menegaskan, konferensi kepala staf angkatan darat Asia Pasifik  sebagai instrumen untuk  menjaga dan membangun kerjasama di berbagai bidang, terutama dalam bidang stabilitas keamanan di wilayah asia pasifik yang dapat mendorong perkembangan ekonomi negara-negara asia pasifik maupun ekonomi internasional.

Penegasan Kasad Jenderal TNI Mulyono ini disampaikan ketika bersama Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat Jenderal A. Milley membuka PACIFIC ARMIES CHIEFS CONFERENCE (PACC) IX, di Denpasar Bali, Senin (14/9), yang dihadiri 26 pimpinan angkatan darat se Asia Pasifik. Pada kesempatan yang sama juga diselenggarakan PACIFIK  ARMIES MANAGEMENT SEMINAR (PAMS) XXXIX, yang diikuti 65 pejabat di lingkungan Angakatan Darat dari pangkat letnan kolonel sampai dengan mayor jenderal di wilayah Asia Pasifik.

Jenderal TNI Mulyono mengatakan,   berbagai macam tantangan muncul dalam rangkaian paradigma pergeseran spectrum ancaman keamanan. “kita tengah menghadapi berbagai permasalahan asimetrik dan non-tradisional yang memberikan kompleksitas secara bersamaan. Aksi-aksi teroris yang diorganisir oleh aktor non-negara tidak hanya menyebabkan kerusakan yang sangat serius terhadap aset-aset nasional kita, namun juga telah menciderai keinginan kita bersama dimasa yang akan datang yaitu dapat hidup berdampingan dengan damai dan sejahtera”, tambah kasad.

Menurut Kasad, permasalahan serius lainnya seperti kejahatan internasional, krisis pangan dan energi, kerusakan lingkungan dan bencana alam serta penyebaran penyakit menular secara sporadis telah menarik perhatian kita bersama untuk dapat memberikan respon yang lebih menentukan. “ Untuk itu melalui peningkatan peran militer, diharapkan mampu memberikan konstribusi positif terhadap pembangunan kapasitas nasional, perbatasan dan keamanan kawasan serta hubungan baik antar negara.

Kasad mengharapkan, melalui forum ini  bisa lebih bertimbang rasa dan pro aktif dalam berdiskusi tentang bentuk alternatif kerjasama militer dimasa yang akan dating, sehingga  forum ini dapat menghasilkan ide-ide yang komprehensif, produktif dan strategis untuk kepentingan dikawasan.

PACC-IX dan PAMS kali ini mengambil tema “Kontribusi Militer dalam rangka mendukung kerjasama multilateral, ”akan berlangsung hingga 17 september 2015. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel