Kodam VI/Mulawarman

Kasdam : Tingkatkan Disiplin, Loyalitas, Moralitas dan Kepatuhan Hukum Prajurit

Dibaca: 119 Oleh 14 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Balikpapan, (14/01)   Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI GE. Supit, S.Sos bertindak sebagai Irup pada upacara Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun Anggaran 2016 yang berlangsung di lapangan upacara Makodam VI/Mlw Jln, Sudirman Balikpapan Kamis 14 Januari 2016.

Tema Operasi Gaktib, yaitu “Melalui Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun 2016 Polisi Militer TNI bertekad meningkatkan disiplin, loyalitas, moralitas dan kepatuhan hukum prajurit guna mewujudkan TNI yang kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat.”

Kegiatan diikuti oleh personel jajaran Pomdam VI/Mlw, Satlantas Polres Balikpapan dan Dishub Balikpapan serta kendaraan Dinas roda empat dan roda dua.

Dalam amanat tertulis Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Kasdam VI/Mlw mengemukakan bahwa dalam rangka membentengi pengaruh negatif globalisasi tersebut, bagi prajurit TNI kata kunci yang harus digenggam erat adalah berpegang pada “disiplin” keprajuritan, kepatuhan terhadap norma, peraturan dan kepatuhan terhadap hukum, yang harus ditegakkan, baik atas kesadaran individu maupun di tegakkan secara struktural formal.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa dalam konteks struktural formal, penegakkan disipilin, tata tertib dan hukum, pelaksanaan Operasi Gaktib dan Yustisi minimal memili kidua kapasitas yang harus dimiliki oleh segenap jajaran Polisi Militer yaitu Pertama, memiliki kemampuan profesionalitas yang memadai, dalam arti menguasai dan memahami hukum dengan segala dinamika dan perkembangan yang terkait dengan masalah hukum positif, peraturan dan tata tertib dalam rangka menjaga serta memelihara kredibilitas TNI dan prajurit TNI dari penyimpangan terhadap hukum. Kedua, memiliki moralitas yang tinggi, dalam arti mampu menjadi contoh dalam kesadaran, kepatuhan dan pelaksanaan hukum berikut segala aspek yang melingkupinya.

Upaya penegakan hukum dan disiplin prajurit menempati posisi yang sangat penting dan memberi dampak positif sebagai keteguhan sikap serta perilaku prajurit TNI, apalagi dilandasi dengan ketiga tekad Pertama, Patuh kepada hukum dan disiplin prajurit, Kedua, Memerangi penyalahgunaan Narkoba bagi prajurit dan ketiga, Meniadakan segala bentuk pelanggaran prajurit.

Di penghujung amanatnya Panglima menyampaikan penekanan kepada  seluruh Prajurit TNI dan para Komandan Satuan untuk dipedomani antara lain Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha  Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas. Kedua, patuhi aturan hukum yang berlaku dan segala bentuk perintah kedinasan. Ketiga, hindari dan jangan lakukan pelanggaran sekecil apapun. Keempat, hargai segala upaya yang dilakukan oleh aparat penegak hukum di lapangan. Kelima, para komandan satuan agar memberikan dukungan penuh, demi suksesnya penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Yustisi ini. Keenam, pelihara dan tingkatkan harmonisasi dengan rakyat agar bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional dan siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel