Kodam V/Brawijaya

KB KES Wujud Kemanunggalan TNI-RAKYAT Bantu Menekan Laju Pertumbuhan Penduduk Dan Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Dibaca: 7 Oleh 18 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Jombang ( 18/9 ). Tingkat pertumbuhan penduduk dewasa ini sudah semakin luar biasa dan sulit untuk dikendalikan. Pertumbuhan dan pertambahan penduduk yang tidak terkendali ini akan berdampak buruk secara langsung pada kesejahteraan masyarakat. Permasalahan kesejahteraan masyarakat menyangkut pada kebutuhan sandang, pangan dan papan, pendidikan, kesehatan serta lapangan kerja. Jumlah penduduk yang terus bertambah dan tidak terkendali serta tidak disertai dengan kualitas SDM yang baik, akan berdampak pada kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat yang semakin buruk.

Jumlah anak yang banyak akan menurunkan kemampuan investasi SDM dalam keluarga, karena beban pendidikan dan kesehatan yang semakin berat yang berakibat pada rendahnya kualitas masyarakat. Akibatnya, SDM yang kualitasnya rendah tersebut akan berdampak negative terhadap masalah-masalah social nantinya dan dapaknya Negara akan tidak stabil Untuk itu TNI ikut berperan serta dalam pengendalian jumlah penduduk,seperti yang dilaksanakan di wilayah kecamatan tembelang,bhakti TNI KB Kesehatan.

Komandan Koramil 0814=03 Kapten Inf Mustaji, mengatakan “ Tujuan pelaksanaan program Bhakti TNI KB Kesehatan, untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya percepatan pembangunan di daerah khusnya Kecamatan tembelang.Selain itu, tujuan lainnya, kata dia, untukmenekan laju pertumbuhan penduduk dan peningkatan kesehatan masyarakat. Serta, mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat secara serasi dan terpadu.

Saya berterimakasih kepada Danramil dan para Babinsa yang telah mengupayakan masyarakat agar sadar akan KB, karena prinsip orang Jawa Kuno adalah banyak anak banyak rejeki, itu bisa dilaksanakan masyarakat dulu waktu sawah masih membentang luas tapi lahan yang sekarang semakin sempit dan pekerjaan sekarang semakin susah untuk itu kegiatan ini sebagai langkah tepat untuk akselerasi pembangunan, dan menekan tingkat pertumbuhan penduduk” ucap Dr. Aris Enande Kepala Puskesmas Desa Jati Wates disaat di temui di sela-sela pelaksanakan Bhakti TNI KB Kes tingkat Kecamatan Tahun 2015 di Puskesmas Desa Jati wates kecamatan Tembelang ,pada 16 September 2015.

Hadir pada acara Bhakti TNI KB Kesehatan, tim monitoring bhakti TNI KB Kesehatan, Muspika Kecamatan Tembelang, Kepala Puskesmas Desa JatiWates, PL KB Kecamatan Tembelang, Persit Ranring 04 Tembelang, peserta Aseptor yang berjumlah 68 orang yang terdiri dari aseptor implant 59 orang dan aseptor IID 9 orang, ( PENREM 082 )

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel