Berita Satuan

Kenang Peristiwa Tsunami Aceh, Prajurit Kodam IM Peduli Sungai Krueng Aceh

Dibaca: 13 Oleh 30 Des 2019Desember 31st, 2019Tidak ada komentar
Kenang Peristiwa Tsunami Aceh, Prajurit Kodam IM Peduli Sungai Krueng Aceh
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Peringati peristiwa gempa bumi dan tsunami yang melanda Aceh tahun 2004, sebanyak seribu relawan yang terdiri dari prajurit Kodam Iskandar Muda bersama mahasiswa pecinta alam Leuser Universitas, Syiahkuala serta masyarakat membersihkan sampah di seputaran Sungai Krueng Aceh Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan Kapendam Iskandar Muda (IM) Kolonel Inf Usik Samwa dalam keterangan tertulisnya di Banda Aceh, Minggu (29/12/19).

Lebih lanjut dikatakan Kapendam, aksi peduli lingkungan ini mengangkat tema “Aksi Peduli Krueng Aceh”, sekaligus untuk mengenang peristiwa tsunami yang melanda wilayah Aceh pada tahun 2004 lalu.

“Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati dan mengenang peristiwa kemanusiaan dan bencana gempa bumi dan tsunami yang menerjang wilayah Aceh yang menelan ratusan ribu korban jiwa”, ujarnya.

Kapendam menjelaskan, kegiatan ini dibuka langsung oleh istri Plt. Gubernur Aceh Dr.Ir Dyah Erti Idawati M.T dan dihadiri oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Dandim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis SIP.

Dengan alat bantu seadanya, seperti tali, sapu dan sebuah perahu karet, prajurit Kodam IM bersama warga berjibaku mengangkut sampah serta ranting-ranting kayu dari dalam sungai tersebut.

Baca juga:  Pangdam IM Silahturahmi Dengan Ustad Dr. H. Amhar Nasution

Pada kesempatan tersebut Dr.Ir Dyah Erti Idawati M.T menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah, apalagi dahan dan ranting kayu ke dalam sungai.

“Karena, sampah-sampah yang dibuang ke dalam sungai juga akan berdampak pada dangkalnya sungai, di samping struktur tanah di pinggir sungai terus erosi yang akhirnya akan merusak tanggul”, kata Dyah. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel