Kodam XVII/Cenderawasih

Kesegaran Jasmani Guna Mendukung UKP

Dibaca: 9072 Oleh 11 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Para Perwira Pertama (Pama), Perwira Menengah (Pamen) dan Kabalak Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) yang bertempat di lapangan Mandala Jayapura. Selasa, 10/06.

Dalam pelaksanaan Samapta UKP ini ditekankan untuk menyesuaikan dengan kondisi fisik dan kesehatan personil yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani. Karena kondisi fisik sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Maka sebelum melaksanakan tes perlu dan diharuskan untuk mengecek kesehatan oleh para petugas kesehatan yang ada di lapangan agar dalam pelaksanaan tidak terjadi kecelakaan seperti keram dan yang lainnya.

Terdapat beberapa tahapan yang dilaksanakan dalam tes kesegaran jasmani tersebut adalah Samapta A yaitu lari dengan jarak 3.200 meter (dinilai berdasarkan waktu sesuai dengan kategori umur yang telah ditetapkan) serta Samapta B yang mencakup Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shuttle run (lari angka delapan sebanyak 3 putaran) secepat-cepatnya (dinilai berdasarkan banyaknya jumlah pelaksanaan sesuai dengan kategori umur yang telah ditetapkan).

Adapun tata cara penilaian agar para prajurit dapat mengetahui berapa nilai yang telah diperoleh dengan kekuatan jasmani yang dimiliki. Untuk menentukan jumlah nilai Samapta B adalah jumlah seluruh nilai-nilai dari samapta B lalu di bagi 4. Hasil kesegaran A dan hasil kesegaran B di jumlah lalu di bagi 2. Dan nantinya akan ditambahkan dengan nilai renang militer yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2014 bertempat di Kolam renang Vijaya Kusuma Ajendam XVII/Cenderawasih.

Disela-sela kegiatan, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M. hadir untuk memantau serta meninjau kegiatan Test Kesegaran Jasmani tersebut.

Kesemaptaan Jasmani dan Renang militer ini merupakan persyaratan untuk UKP, diharapkan untuk para prajurit yang melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani agar melaksanakan dengan sungguh-sungguh dan semangat agar dapat lulus dengan baik sehingga dapat diajukan UKP nya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel