Kodam XVII/Cenderawasih

Pangdam XVII/ Cenderawasih Terima Kunjungan Dubes AS

Dibaca: 132 Oleh 11 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat Mr. H.E. Robert Blake bertempat di Ruang Cyloop Kodam XVII/Cenderawasih. Selasa, 10 Juni 2014.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XVII/Cenderawasih mengucapkan selamat datang di Markas Kodam XVII/cenderawasih. Pangdam bangga dan senang atas kedatangan Mr. H.E. Robert Blake dan rombongan serta satu kesempatan yang sangat baik karena dapat berkomunikasi secara langsung.

Dalam sambutannya, Pangdam menjelaskan Tugas Pokok yang paling utama yaitu menjamin tetap tegaknya kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjamin keselamatan bangsa dari ancaman yang datang baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Pangdam juga menjelaskan bahwa tugas Kodam XVII/Cenderawasih yang lebih dari kodam-kodam lain yaitu menghadapi saudara-saudara dalam kelompok kecil yang masih beda paham di Papua. Mereka harus ditangani dengan baik karena mereka adalah bagian dari keluarga besar bangsa Indonesia, pihak yang berbeda paham itu tidak ditempatkan sebagai musuh, karena mereka adalah saudara-saudara yang masih bisa diajak untuk membangun Papua. Itu sudah terjadi dalam beberapa waktu lalu yaitu sebanyak 212 orang dari mereka yang di hutan turun dan menyerahkan senjata dan mereka sudah hidup layak sekarang. Secara umum Papua itu aman, kondusif, roda pemerintahan berjalan lancar, masyarakat dipinggir jalan dapat tersenyum ceria dan tidak dalam keadaan ketakutan, di Papua tidak ada operasi militer. Kodam XVII/Cenderawasih di dalam membantu pemerintahan Papua menggunakan 3 pendekatan yaitu pendekatan agama, pendekatan budaya, dan pendekatan kesetaraan.

Dubes Amerika Mr. H.E. Robert Blake menyampaikan rasa bangga telah diterima di Kodam XVII/Cenderawasih, Dubes menjelaskan bahwa hubungan Indonesia dan Amerika Serikat sudah semakin kuat dan semakin erat didasarkan oleh kemitraan komperhensif yang disepakati oleh presideh Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Obama pada tahun 2010. Hubungan militer kedua Negara ini sangat baik, sangat kuat dan sangat maju sekali. Indonesia adalah termasuk satu dari sebelas Negara yang sudah diperbolehkan mendapatkan helicopter apache milik Amerika dan akan mentransfer F-16 tahun ini dan juga akan mentransfer berbagai perlengkapan dalam bentuk yang beragam.

“Selain itu, kami juga mendukung profesionalisme yang sedang dibangun oleh TNI dan kami juga terkesan dengan fakta bahwa sekarang polisi yang semakin menangani masalah dalam negeri dan TNI yang menangani masalah eksternal. Kami juga mengakui bahwa anda memiliki keadaan yang khusus di Papua,”jelas Robert.

Dubes Amerika Serikat ini juga mengapresiasi presentasi yang sudah diberikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih mengenai masalah pemberontakan dan mendukung pendekatan komperhensif yang dilakukan oleh Pangdam. Beliau juga menyambut baik upaya TNI untuk mengedepankan dan menghormati Hak Asasi Manusia dalam melaksanakan tugas dan pelatihan tentang Hak Asasi Manusia itu dijadikan bagian yang penting dari TNI. Selain itu, beliau juga memuji bahwa hanya ada sedikit insiden yang terjadi beberapa tahun terakhir ini.

Turut hadir dalam kunjungan ini yaitu Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Hinsa Siburian, Danrem 172/PWY, Aster Kodam XVII/Cenderawasih, Asren Kodam XVII/Cenderawasih, Kapendam XVII/Cenderawasih, KaKudam XVII/Cenderawasih, Waas Log Kodam XVII/Cenderawasih, dan Waas Ops Kodam XVII/Cenderawasih.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel