Kodam III/Siliwangi

Kirab Piala Sudirman di Wilayah Kodam III/Slw

Dibaca: 71 Oleh 25 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Ketika PSSI dijatuhi sanksi oleh FIFA, maka PSSI tidak lagi diperkenankan menyelenggarakan ataupun menjadi tuan rumah pertandingan, mengakibatkan dunia persepakbolaan Indonesia seakan mati suri. Dengan situasi tersebut banyak para pemain muda dan berpotensi berkeluh kesah tidak mendapatkan penghasilan karena tidak lagi berlaga, selain itu industri sepak bola juga seakan terhenti.

TNI sebagai salah satu komponen bangsa merasa terpanggil untuk membantu memberikan jalan keluar, dalam memenuhi tuntutan masyarakat serta para pelaku sepak bola yang mengandalkan usaha serta kehidupannya dari sepak bola. TNI berupaya menghidupkan kembali persepakbolaan di Indonesia, dengan menggelar “Jendreral Soedirman Cup”.

Turnamen “Jenderal Soedirman Cup” berlangsung sejak bulan November 2015 dimulai pada tanggal 10 November, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Turnamen dibuka di Surabaya dengan diikuti oleh 12 kesebelasan papan atas klub Sepak Bola Nasional.

Setelah berhasil mengalahkan tim lainnya dalam babak penyisihan, kesebelasan Semen Padang dan Kesebelasan Mitra Kukar, berhasil menjadi tim yang memperoleh tiket untuk berlaga di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta dalam memperebutkan juara ke I dan II yang akan berlangsung pada tanggal 24 Januari yang akan datang.

Dalam upaya  memeriahkan dan mensosialisasikan Turnamen “Jenderal Soedirman Cup”, maka panitia penyelenggara bekerjasama dengan Mabes TNI menggelar acara Kirab Replika Piala Jenderal Soedirman. Dalam kegiatan Kirab tersebut Replika Piala Jenderal Soedirman diusung menggunakan tandu dimulai tanggal 21 Januari 2016 dari Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga yang merupakan tempat kelahiran Jenderal Soedirman melintasi wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta, sampai berakhir di Gelora Bung Karno Jakarta pada tanggal 24 Januari 2016, sesaat sebelum pertandingan final dimulai.

Replika Piala Jenderal Soedirman telah memasuki wilayah Kodam III/Slw melalui Kota Banjar, Kabupaten Ciamis di tandu oleh pasukan dari Batalyon Armed 4/105 GS Kodam III/Slw. Di wilayah Kodam III/Siliwangi Kirab Replika Piala Jenderal Sudirman akan melintasi Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten  Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang. Jarak yang ditempuh selama berada di wilayah Jawa Barat sejauh 266 km kemudian diserahkan ke pasukan Kodam Jaya di Kecamatan Kedung Waringin Bekasi untuk di bawa ke Gelora Bung Karno.

Seluruh masyarakat mendukung semangat persepakbolaan tersebut dengan turut memeriahkan kegiatan Kirab Replika Piala Jenderal Soedirman baik dengan menampilkan kesenian daerah maupun turut meramaikan langsung kegiatan kirab tersebut disepanjang route dan ditempat acara serah terima pasukan kirab tersebut.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel