Kodam II/Sriwijaya

Kodam II/Swj Beri Pelatihan Kader Bela Negara Kepada Mahasiswa

Dibaca: 14 Oleh 08 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodam II/Swj melakukan kerjasama dengan Universitas Bina Darma Palembang dalam rangka Pendidikan Dasar Kedisiplinan (Diksarplin) dan Kuliah Umum bagi Mahasiswa baru Universitas Bina Darma (UBD) tahun ajaran 2015/2016.

Pendidikan Dasar Kedisiplinan yang berlangsung selama 3 hari ini ( mulai tanggal 7 s.d 9 September 2015) bertempat di Kampus UBD dan Komplek OPI Jaka Baring, Palembang ini bertujuan agar para Mahasiswa sebagai bagian dari komponen bangsa  memiliki disipilin, bertanggung jawab, cinta tanah air, pantang menyerah dan rasa bangga sebagai warga Negara Republik Indonesia.

Pelatihan Diksarmil hari pertama (Senin, 7/9/2015) diisi dengan materi antara lain wawasan kebangsaan, proxy war, bela Negara, kepemimpinan, Binter TNI AD dan peran Mahasiswa, serta materi Kampus. Pada hari pertama tersebut Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komarudin Simanjuntak juga berkesempatan memberikan materi kepada mahasiswa UBD tentang bela Negara, sedangkan materi Proxy War disampaikan oleh Kolonel Kav Ahmad Sahid dari Mabes TNI Cilangkap Jakarta.

Selain itu, dalam rangka membangun kebersamaan dan kedisiplinan para mahasiswa juga diberikan materi tentang peraturan  baris berbaris (PBB) dan peraturan penghormatan militer (PPM) serta bimbingan dan pengasuhan ala militer.

Adapun sasaran pelatihan Diksarmil yang diikuti oleh 1600 Mahasiswa UBD ini dalam rangka membentuk karakter/mental dan jasmani, dengan tujuan secara psikis yaitu menumbuhkan sikap mental yang cerdas, kritis, kreatif, proaktif, disipilin, bertanggung jawab, dan tahan uji.

Sedangkan sasaran fisiknya adalah membentuk sikap dan prilaku antara lain : menghargai nila-nilai kesehatan dan memiliki fisik yang kuat, tangkas, terampil sehingga memilki kepercayaan diri serta dalam rangka mengenalkan TNI AD dan Pemberdayaan wilayah pertahanaan darat melalui Pembinaan Teritorial sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat sesuai yang diamanatkan oleh undang-undang.

Turit hadir pada kegiatan pelatihan Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kuliah Umum bagi Mahasiswa baru UBD antara lain Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Winarno, Aster Kasdam II/Swj Letkol Inf Denny Marten Rihi, Dandim 0418 Palembang Letkol Inf Ichwansyah, Rektor UBD dan Civitas Akademika Universitas Bina Darma Palembang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel