Kodam Jaya

Kodam Jaya Bersama Pertamina Tambah Tangki Air Siap Minum Dari Kali Ciliwung

Dibaca: 12 Oleh 13 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodam Jaya bersama Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina menambah tangki penyulingan air siap minum dari Kali Ciliwung bagi warga Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (12/1/16).

Sebelumnya di tempat tersebut sudah ada empat keran air penyulingan yang berada di RW 02 dengan tangki air bersih berkapasitas 1.500 liter. Air di dalam tangki ini bisa langsung diminum warga lantaran sudah dilakukan proses penyulingan. Berdasarkan hasil penelitan di laboratorium, air tersebut sangat layak untuk diminum.

Komandan Kodim 0505 Jakarta Timur Letkol Bagus Tri Wibowo mengatakan penambahan penyulingan air tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat. Diharapkan warga tidak perlu repot lagi memasak air sehingga bisa langsung dikonsumsi dari keran yang tersedia.

“Kita mendirikan penyulingan air ini untuk membantu masyarakat kehidupan sehari-hari agar bisa irit. Kalau sebulan isi galon bisa Rp. 300.000,- dengan adanya air bersih ini bisa nol pengeluaran,” ujar Dandim.

Selain itu diharapkan dengan apa yang sudah dilakukan, warga sekitar menjadi lebih peduli akan kebersihan sungai. Jika selama ini warga gemar membuang sampah di sungai, maka dengan adanya tangki penyulingan air mereka bisa berpikir dua kali untuk membuang sampah. “Dari sungai kita ingin berikan pembelajaran jika ingin buang sampah, padahal sungai jadi sumber kehidupan mereka. Rencananya nanti akan dibuat di beberapa titik, bukan di sini saja,” tuturnya.

Tangki penyulingan air bersih tersebut dapat memproduksi air bersih sekitar empat hingga lima liter per menit. Adapun daya tampung tangki maksimal 1.500 liter. Air tersebut telah melalui tahap filtrase, menggunakan karbon dan disaring ulang menggunakan membran ultra filtrase serta diolah lagi dengan proses reserve osmosis.

Vice President CSR PT Pertamina, Kuswandi mengatakan, program penyulingan air bersih Ciliwung ini merupakan program pertama yang dilakukan oleh PT Pertamina. Pihaknya akan melakukan evaluasi lagi lantaran ke depannya program seperti ini akan diterapkan di sejumlah lokasi di Indonesia. “Prinsipnya kami hanya ingin mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga kebersihan kali. Tidak membuang sampah sembarangan ke kali. Karena nyatanya, air Ciliwung yang terlihat kotor, ternyata setelah diproses penyulingan, layak untuk diminum,” ujar Kuswandi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel