Kodam I/Bukit Barisan

Kodim 0307/Tanah Datar Tanam Padi Pola Semi Organik

Dibaca: 39 Oleh 22 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Korem 032/Wbr (22/1/2016) Dandim 0307/Tanah Datar Letnan Kolonel Armed Bagus Tri Kuntjoro, SH di wakili Kepala Staf Kodim 0307/Tanah Datar (Kasdim) Mayor Inf Hariyoko melaksanakan penanaman padi serentak varietas Kartika 1-82 di demplot Kodim 0307/Tanah datar yang berlokasi Nagari Sungayang Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Kamis, (21/1).

Penanaman padi serentak varietas Kartika 1-82 bersama kelompok tani Sawah panti Kecamatan Sungayang dengan luas 1 Hektare dengan menggunakan pola tanam jajar legowo 4 : 1 dengan metode semi organik.

Kasdim Tanah Datar, Mayor Inf. Hariyoko mengatakan penanaman varietas padi tersebut merupakan salah satu bentuk keterlibatan TNI dalam mewujudkan target pemerintah untuk swasembada pangan 2017.

Ia menyebut keterlibatan TNI dalam swasembada pangan sejalan dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai penjaga kedaulatan bangsa, sebab keutuhan suatu bangsa dapat dilihat dari kedaulatan pangannya.

Karenanya TNI berkepentingan besar yaitu melepaskan ketergantungan pangan Indonesia pada negara lain, makanya kami dilibatkan, katanya.

Ia mengatakan padi varietas Kartika I-82 adalah hasil penemuan anggota TNI Sumbar yang sukses dikembangkan di beberapa daerah seperti demplot Kodim Padang dan Kodim Solok.

Selain mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah, TNI juga turut membantu petani terkait pengolahan lahan dan pasca-panen.Sebab petani kita sebagian besarnya bertani dengan cara tradisional, dengan kegiatan ini, TNI sekaligus turut membina petani, katanya.

Kegiatan penanaman dihadiri oleh Kasdim, unsur Forkopimda Kabupaten Tanah Datar, Kepala Dinas Pertanian kab.Tanah datar, Kabapeluh, Ka UPT BP Kec.Sungayang,Unsur Muspika dan Babinsa serta kelompok tani Sawah Panti Kecamatan Sungayang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel