Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Kodim 0314/lnhil Bersama BEM Seluruh Riau Lakukan Penanaman Pohon yang Bernilai Ekonomis

Dibaca: 8 Oleh 07 Nov 2021Tidak ada komentar
Kodim 0314/lnhil Bersama BEM Seluruh Riau Lakukan Penanaman Pohon yang Bernilai Ekonomis
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id
– Kodim 0314/Inhil bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Riau ( BEM se-Riau) melaksanakan penanaman pohon yang bernilai ekonomis melalui peduli lingkungan memanfaatkan lahan agar produktif, sekitar 3000 pohon ditanam di lahan yang berlokasi di Koramil 03/Tempuling Desa Teluk Jira. Sabtu (6/11/2021).

Ratusan Pohon yang bernilai ekonomis ditanam melalui gerakan ini, dan merupakan tahap pertama yang di laksanakan BEM se-Riau melalui Aksi peduli lingkungan Melalui Penanaman Pohon di Ruang Terbuka Hijau (RTH) lahan masyarakat.

“Kita melakukan penanaman dan penghijauan di lahan kosong yang berlokasi di Koramil 03/Tempuling dengan memanfaatkan lahan kosong. Kita menginginkan lahan kosong menjadi lahan yang produktif, selain itu juga untuk pelestarian lingkungan hidup,” ungkap Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal yang diwakili Pasiter Lettu Inf R. Ginting.

Dalam kegiatan ini, BEM se-Riau bersama-sama dengan Kodim 0314/Inhil dan pemerintah Kecamatan Tempuling melaksanakan kegiatan dalam rangka “Gerakan Penanaman Pohon yang bernilai Ekonomis” di Kecamatan Tempuling tersebut dilakukan pada lahan seluas kurang lebih 10 hektar tersebar di Desa Teluk Jira dilakukan secara simbolis di lokasi lahan RT.12.RW.04 Desa Teluk Jira yang dilaksanakan Sekdes Teluk Jira, Koordinator Pusat BEM se-Riau, Danramil 03/Tempuling, Dandim 0314/Inhil yang diwakili Pasiter Kodim 0314/Inhil.

Pasiter Lettu lnf Rejekinta Ginting menyebutkan beberapa tanaman yang ditanam meliputi tanaman yang bernilai ekonomis sebanyak 3000 pohon seperti Batara ,Durian, Matoa, Sirsak ,Petai dan Nangka.

“Kami berharap dengan adanya tanaman yang bernilai ekonomis ini dapat bermanfaat bagi masyarakat begitu juga menambah pendapatan bagi masyarakat di Desa Teluk Jira,” ungkapnya.

Pasiter juga berharap kepada petani agar merawat tanaman ini nantinya hingga menghasilkan dari tanaman tersebut.

“Dan saya ucapkan terima kasih kepada seluruh BEM se-Riau, begitu juga yang ada di Tembilahan atas partisipasi melaksanakan kegiatan penanaman pohon yang bernilai ekonomis di lahan masyarakat, ini suatu nilai positif yang kita perbuat untuk menjaga alam agar tetap hijau. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghijaukan bumi khususnya membuat lahan yang kurang produktif menjadi produktif dengan ditanami tanaman yang mempunyai nilai ekonomis,” pungkasnya.

Semantara itu. Sekretaris Desa Suseswo Husodo.S.Kom mewakili kepala desa mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0314/Inhil bersama BEM se-Riau yang melaksanakan aksi peduli lingkungan dengan melaksanakan penanaman pohon yang bernilai ekonomis di desanya.

“Saya mewakili Kepala Desa Teluk Jira dan masyarakat sangat mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0314/Inhil dan BEM se-Riau yang sudah melakukan penanaman pohon yang bernilai ekonomis di desa kami,” sebutnya.

Dalam kegiatan penanaman penghijauan Tanaman Ekonomis, Yoga Saputra Koordinator Pusat BEM se-Riau menyampaikan kegiatan hari ini merupakan dorongan mahasiwa mengaspirasi suara-suara masyarakat, di mana masih banyak lahan lahan kosong yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir yang harus dihijaukan.

“Peran kami sebagai mahasiwa untuk menghijaukan lahan kosong ini, dan kegiatan hari ini merupakan pertama di Desa yang ada di kabupaten Indragiri Hilir, “imbuhnya.

“Kami akan terus menggelorakan kegiatan penanaman pohon ekonomis ini, dan akan bertahap sehingga seluruh desa melalui kegiatan hari ini bisa menanam pohon ekonomis sebanyak 3000 pohon, dan kami berterima kasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi yang memberikan bibit guna menyejahterakan masyarakat dan dapat menambah penghasilan masyarakat nantinya,” tutupnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan