Berita Satuan

Kodim 0502/JU Tanam Ratusan Ribu Pohon Mangrove

Dibaca: 34 Oleh 10 Sep 2015Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dalam rangka menyambut HUT Ke-70 TNI, Kodam Jaya/Jayakarta yang diwakili Kodim 0502/Jakarta Utara melakukan penanaman mangrove dan pelepasan anak penyu atau tukik di pulau kelapa kepulauan seribu untuk menjaga kelestarian ekosistem laut.

Sekitar 150.000 pohon mangrove ditanam secara berkala di pulau Kelapa Kepulauan Seribu oleh Kodam Jaya yang diwakili Kodim 0502/JU.  Penanaman tersebut diawali dengan 40.000 pohon di pulau Kaliage, 20.000 di pulau Kelapa dua dan kini sebanyak 90.000 di pulau Kelapa.  Kegiatan ini dilakukan bersama beberapa elemen seperti balai taman nasional pemerintah kabupaten Pulau Seribu, Polres Jakarta Utara dan komponen masyarakat Kepulauan Kaliage. Selain penanaman pohon mangrove, juga dilaksanakan pelepasan 100 ekor anak tukik secara berkala ke laut lepas.

Penanaman pohon Mangrove dan pelepasan anak penyu atau tukik yang dilaksanakan bersama segenap komponen masyarakat ini, selain dalam rangka memperingati HUT Ke-70 TNI, tetapi juga untuk melestarikan ekosistem laut, kata Dandim 0502/JU Letkol Arm Stefie Jantje Nuhujanan.  Menurutnya, Kepulauan Seribu merupakan pulau kecil yang rentan terhadap abrasi, sehingga dengan penanaman Mangrove tersebut, diharapkan dapat menjaga kelestarian ekosistem kelautan, dan sekaligus medatangkan hewan-hewan laut dengan tumbuhnya pohon mangrove tersebut. Kedepan penanaman, pohon ini akan mengajak seluruh komponen masyarakat  untuk menjaga ekosistem laut khususnya katanya.  (Sumber: HU Pelita)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel