Kodam IV/Diponegoro

Kodim 0705/Magelang, Buat 293 Jamban Untuk Warga

Dibaca: 45 Oleh 01 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

MAGELANG – Komando Distrik Militer 0705/Magelang menggelar karya bakti pembuatan jamban massal untuk masyarakat kurang mampu. Tidak kurang dari 293 jamban dibangun di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang.

Program jambanisasi ini merupakan bantuan dari Kodim 0705/Magelang yang  dilaksanakan dimasing – masing Koramil dengan melibatkan seluruh babinsa di jajaran Kodim 0705/Magelang.

Gelaran karya bakti ini sebetulnya sudah dimulai sejak seminggu yang lalu,  dengan kondisi saat ini pekerjaan hampir mendekati 50 persen. Jamban bantuan TNI dan pemerintah daerah tersebut diharapkan mampu memberikan kenyamanan dan pembelajaran kepada masyarakat untuk hidup sehat.

Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm I Made Gede Antara, S.Sos menjelaskan bahwa program karya bakti semester II ini memang difokuskan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang belum memiliki WC yang layak.Kodim memberikan bantuan material dan tenaga untuk membangun jamban di masyarakat.

“Kita bantu warga dengan membuatkan jamban ini, dengan harapan masyarakat akan terbiasa dengan hidup sehat, salah satunya adalah dengan BAB ditempat yang semestinya” kata Dandim

Pembuatan jamban dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota Magelang. Untuk setiap kecamatan mendapat 10 jamban dan dikerjakan oleh koramil setempat. Sedangkan Makodim sendiri membuat 63 jamban yang tersebar di wilayah Magelang. Total jamban yang dikerjakan oleh Kodim 0705/magelang sebanyak 293 jamban.

Material yang berupa closet, semen, besi, paralon dan material lainnya pada awalnya ditampung di Makodim dan selanjutnya didistribusikan ke masing – masing wilayah.

Slamet, warga RT 05 RW 01 Dusun Karangan Desa Bondowoso, Mertoyudan adalah salah satu warga yang mendapat bantuan jamban. Dia merasa senang dengan adanya bantuan material perangsang untuk membuat jamban yang sehat di rumahnya. Selama ini, Slamet dan keluarganya selalu ke suangai apanila hendak buang hajat.

“Dengan bantuan bapak Koramil ini, kami sekeluarga tidak perlu ke sungai lagi kalau mau buang hajat besar”. ungkap Slamet. (Kodim 0705/Mgl)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel