Kodam V/Brawijaya

Nelayan Pantura Mulai Melaut

Dibaca: 13 Oleh 01 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

(Surabaya,31/08) Setelah dua minggu lebih tidak pergi melaut, akhirnya para nelayan di wilayah pantura Kabupaten Pamekasan sudah mulai siap-siap melaut lagi, karena cuaca atau angin kencang kini mulai reda. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh para nelayan memulai membuat rumpon (rumah ikan).

Aktivitas membuat rumpon menjadi perhatian Sertu Usto Babinsa Koramil 0826/13 Pasean Jum’at (28.08.2015) lalu saat mengunjungi nelayan di Dusun Denggendek Desa Tlonto Raja Kecamatan Pasean. “Rumpon merupakan rumah ikan yang disiapkan/dipasang oleh nelayan sebagai tempat berkumpul ikan sehingga memudahkan nelayan dalam menangkap ikan” terang Hapet (55 tahun) salah satu nelayan kepada Babinsa.

Keberadaan rumpon bagi nelayan sangatlah penting, karena dengan adanya rumpon ikan yang ada di laut bisa ditangkap dengan maksimal, akan tetapi perlu kerja ektra, baik dari segi tenaga maupun biaya.

“Sebelum menangkap ikan kami (nelayan) harus memasang/meletakkan rumpon-rumpon di laut selama 7 (tujuh) sampai 10 (sepuluh) hari, baru setelah ikan diperkirakan sudah banyak barulah berangkat lagi untuk menjaring ikan yang ada di rumpon-rumpon tersebut” urai Umar (48 tahun).

Kunjungan Babinsa kali untuk mengetahui perkembangan kegiatan nelayan setelah beberapa minggu yang lalu tidak melaut karena cuaca atau angin kencang. “Saya ingin memastikan apakah para nelayan sudah mulai pergi melaut, karena kalau tidak melaut berarti tidak mempunyai penghasilan, hal ini bisa menimbulkan kerawanan terhadap stabilitas keamanan di wilayah”, terang Sertu Usto. “Dan saya berpesan kepada seluruh para nelayan yang akan melaut harus tetap mengutamakan keselamatan diri karena cuaca bisa berubah sewaktu-waktu”, tegas Usto lagi pada seluruh nelayan di wilayahnya tersebut. (Penrem084/MA/JT)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel