Berita Satuan

Kodim Dompu Rehabilitasi Hutan dan Lahan Dengan Seribu Bibit Pohon

Dibaca: 31 Oleh 31 Jan 2020Tidak ada komentar
Kodim Dompu Rehabilitasi Hutan dan Lahan Dengan Seribu Bibit Pohon
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Kodim 1614/Dompu bersama masyarakat menanam 1000 bibit pohon di So Lapompo Desa Woko Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu, sebagai upaya rehabilitasi hutan akibat penebangan liar.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1614/Dompu Letnan Kolonel Inf Ali Cahyono, S. Kom., dalam keterangan tertulisnya di Dompu, Nusa Tenggara Barat, Kamis (30/1/2020).

Dandim mengatakan, kondisi hutan yang sudah gundul dan memperihatinkan jangan lagi ditambah dengan perusakan yang lebih parah.

“Untuk itu, kita kali ini bersama-sama menanam bibit pohon dalam rangka mengembalikan fungsi hutan dan penyelamatan hutan,” ujar Dandim.

Selain itu, Dandim juga mengingatkan warga untuk tidak melakukan penjarahan hutan dengan melakukan perambahan hutan secara ilegal mengingat selain sanksinya tegas dan berat, juga dampak dari tindakan itu akan merugikan kita bersama terutama warga di sekitar hutan.

“Mari kita jaga dan lestarikan lingkungan untuk manfaat dan kebaikan kita bersama,” tandasnya.

Usai memberikan arahan kepada masyarakat, dilanjutkan dengan penanaman 1000 bibit pohon di daerah tersebut.

Secara terpisah, Kapenrem 162/WB menyampaikan, kegiatan penghijauan tidak hanya dilakukan di Kodim 1614/Dompu, namun juga di seluruh satuan jajaran Korem 162/WB sebagai bentuk komitmen TNI khususnya Korem 162/WB beserta jajaran bersama para stakeholder di daerah untuk mencegah, menjaga, melestarikan dan mengembalikan fungsi hutan dan lahan.

“Jika itu sudah dilakukan maka akan terwujud keseimbangan ekosistem yang menjadi satu kesatuan yang utuh dalam hubungan mutualisme diantara semua mahluk hidup,” tutupnya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel