Berita Satuan

Kodim Gorontalo Utara Sulap Gubuk Reyot Hesti dan Hemanto Abas Jadi Layak Huni

Dibaca: 9 Oleh 18 Agu 2020Tidak ada komentar
Kodim Gorontalo Utara Sulap Gubuk Reyot Hesti dan Hemanto Abas Jadi Layak Huni
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam menyambut sekaligus memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Kodim 1314/Gorontalo Utara melaksanakan kegiatan karya bakti membedah gubuk reyot Ibu Hesti dan Bapak Hermanto Abas menjadi rumah layak huni.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1314/Gorut, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias, S.H.,M.M., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Selasa (18/8/2020).

Diungkapkan Dandim, karya bakti membedah rumah warga pra sejahtera ini sekaligus menjalankan instruksi Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa untuk membantu masyarakat yang membutuhkan melalui jajaran Satkowil se-Indonesia.

“Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Kasad kepada masyarakat yang diwujudkan melalui kegiatan karya bakti bedah rumah dan bakti sosial,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Kodim 1314/Gorut Korem 133/NW Kodam XIII/Mdk yang merupakan satu Satkowil penerima perintah kegiatan tersebut pun berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan sasaran yang dipilih.

Kodim Gorontalo Utara Sulap Gubuk Reyot Hesti dan Hemanto Abas Jadi Layak Huni

“Dan Alhamdulillah, dalam waktu 6 hari gubuk reyot milik dari Bapak Herman Abas (41) dan Ibu Hesti Ajunu (34) yang terletak di Desa Botungobungo, Kecamatan Kwandang, berhasil diselesaikan.

Bedah rumah ini tambah Dandim, bukan hanya sekedar seremonial bedah rumah saja sesuai perintah Kasad, namun juga harus benar-benar memiliki nilai kelayakan hunian, termasuk manfaat ekonomis bagi pemiliknya.

“Oleh karenanya, kita mengoptimalkan segala upaya mewujudkan perintah tersebut dan berhasil menyulap gubuk reyot menjadi rumah layak huni yang permanen,” sambung Firstya Andrean Gitrias.

Dikatakan pula, bedah rumah juga untuk mewujudkan peningkatan secara kuantitas maupun kualitas luas bangunan gubuk yang semula hanya berukuran 2 x 4 m, menjadi 6 x 8 m dan permanen.

“Selain itu, kita juga membuat jalan masuk dengan dicor semen sepanjang 15 m, Lebar 2 m, tebal 30 cm dan pembuatan dapur permanen di rumah,” urainya.

Kodim Gorontalo Utara Sulap Gubuk Reyot Hesti dan Hemanto Abas Jadi Layak Huni

“Termasuk pembuatan pondasi depan rumah seluas 4 x4 m dan pondasi untuk warung di depan rumah,” tandas Firstya Andrean Gitrias menambahkan.

Untuk menambah kelayakan hunian dibuat juga WC kamar mandi termasuk instalasi air bersih, instalasi listrik, dan saluran drainase, serta pembuatan pagar rumah.

“Saya sungguh bangga atas upaya dan kinerja prajurit yang dari pagi, siang hingga malam, walau kadang turun hujan tetap bekerja dengan penuh semangat,” terangnya.

“Terima kasih kepada para prajurit dan warga, yang sangat luar biasa bergotong-royong menyelesaikan pekerjaan,” tutur Firstya bangga.

Acara peresmian dan penyerahan kunci rumah secara simbolis telah dilaksanakan oleh Danrem 133/NW, Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, MA yang dihadiri juga oleh para Forkopimda Gorut.

Selain bedah rumah, Kodim 1314/Gorut juga melaksanakan bakti sosial berupa pemberian bantuan sembako kepada para Lansia di desa tersebut. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel