Kodam XIV Hassanudin

Kodim Pinrang Akan Cetak Sawah  1000 Hektar

Dibaca: 108 Oleh 24 Agu 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kementrian Pertanian (Kementan) RI menargetkan realisasi penggarapan cetak sawah baru untuk mendukung swasembada pangan selesai digarap pada Desember 2015. Seperti yang disampaikan oleh Direktur perluasan dan penglolaan lahan ditjen PSP Kementan, Prasetyo Nuchsin menyatakan, saat ini proses lahan tersebut masih tahap penyiapan. Paling tidak tahap penggarapan lahan ini dapat dilakukan setelah Agustus 2015 atau pada masa tanam Oktober 2015-Maret 2016. Pada bulan Oktober 2015 mendatang sudah 50 % lahan yang akan yang akan bisa ditanam di seluruh wilayah itu.

Tahun ini pemerintah menyiapkan 23.000 hektar lahan yang akan digunakan untuk cetak sawah baru di 12 kabupaten. Dari total lahan tsb, sebanyak 10.000 hektar berada di merauke, sedangkan sisanya tersebar di 11 Kabupaten diantaranya : Merangin, Ogan Komering Ilir, Mesuji, Sanggau, Pinrang, Wajo, Bombana, Bima, Bangka Barat dan Bangka Selatan.  Dimana wilayah Kab. Pinrang masuk dalam Tanggung Jawab Kodim 1404/Pinrang Korem 142/Tatag.  Cetak sawah baru ini di dukung pula dengan pengadaan alat mesin pertanian (Alsintan) diantaranya adalah : 259 Unit traktor roda 4, 304 Unit Transplanter, 6.000 unit pompa air dan 3.000 combine harvester.

Tim dari pusat kementan ( Susilo,SP dan Iskak,ST,MM) di damping Tim dari Dinas Pertanian , Kodim dan Korem 142/Tatag  pada selasa(18/8) melaksanakan peninjauan ke lahan cetak sawah di kab. Pinrang Sulsel. Adapun hasil peninjauan cetak sawah oleh staf Kementan yaitu : 1) mengunjungi sasaran cetak sawah baru di wilayah Gapoktan Massiddi Adae Kel. Manang,  2) Melihat kesiapan di lapangan alat berat dikaitkan  dengan waktu yang yang tersedia, kepastian jumlah lahan yang akan di cetak, 3) Tim dari dinas pertanian pinrang menyampaikan luas lahan bisa bertambah kalau Kondisi pekerjaan bagus.

“Kami kerahkan Babinsa yang sudah terlatih dalam pertanian untuk mengawasi dan membantu dalam pekerjaan cetak sawah baru bersama Gapoktan dan pihak Pemerintah supaya tepat sasaran “ Tegas dandim, Letkol Inf. M. Pangaribuan.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Syafruddin, S.E, M.M., M.Tr.(Han) menyampaikan  “Korem 142 akan selalu berkomitmen  mensukseskan cetak sawah di Kab. Pinrang untuk membantu pemerintah/Kementan dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan khususnya di wilayah Sulsel “. (Penrem 142/Tatag)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel