Kodam V/Brawijaya

Koramil Tragah Bangkalan Uji Coba Alsintan Dengan Kelompok Tani

Dibaca: 57 Oleh 01 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bangkalan – Program Swasembada Pangan oleh TNI Angkatan Darat melalui Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya diintensifkan melalui Program Serbuan Teritorial yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur.   

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Isnanto, SH., mengatakan bahwa pelaksanaan Program Swasembada Pangan yang dilaksanakan melalui Program Serbuan Teritorial oleh Kodim yang bertujuan sebagai salah satu dari wujud pendampingan Kodim bersama jajarannya dalam rangka mewujudkan swasembada pangan di Bangkalan.  Hal ini dilaksanakan dengan cara gotong royong dan kegiatan bersama, yang melibatkan semua pihak, Selasa (1/9/2015).

Lanjut Dandim, program mekanisasi pertanian di Bangkalan sangat diperlukan, dalam upaya mendukung peningkatan produksi dan produktifitas serta kualitas hasil pertanian. “Hadirnya alat dan mesin pertanian (Alsintan) di daerah Bangkalan bertujuan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan petani dan bukan sebagai pesaing lapangan kerja masyarakat yang sifatnya manual,” kata Dandim Letkol Sunardi Istanto pada acara ujicoba alat mesin pertanian di Desa Desa Pocong, Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan, belum lama berselang.

Sebagai tindak lanjut dari penyerahan 3 Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang beberapa waktu lalu, diserahkan secara simbolis oleh Bupati dan Dandim bersama Muspida Bangkalan kepada Kelompok Tani Harpan Jaya, masing-masing di 3 Desa Kecamatan Tragah Kabupaten  Bangkalan diantaranya  pertama, di Desa Bajeman kepada anggota kelompok tani Sdr. R. Syakrani berupa 1 Unit Power Thresher Multiguna, kedua, di Desa Kemoning kepada anggota kelompok tani oleh Sdr Mansur berupa 1 Unit Corn Sheller (pemipil jagung) dan ketiga, di Desa Alang Alang kepada anggota kelompok tani Sdr Abdul Salam berupa 1 Unit Corn Sheller (pemipil jagung).

Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., menyampaikan bahwa ‘mereka kita turunkan langsung ke sawah, membantu petani  agar bisa menggunakannya sebaik-baiknya, karena bantuan tersebut sangat terbatas. “Pengalaman sebelumnya di daerah lain, bantuan yang di berikan tidak terawat dan cepat rusak,” imbuh Dandim.

Menurutnya, keberadaan Alsintan ini bisa membantu para petani bekerja maksimal, dengan adanya alat pertanian yang di bagikan ini, penanaman dan hasil panen padi oleh petani dapat lebih maksimal,” tegas Dandim 0829/Bangkalan.

Saat ini Koramil 08/Tragah Kodim 0829/Bangkalan yang dipimpin oleh Komandan Koramil Kapten Kavaleri Handri Tjahjo sedang melaksanakan uji coba Alsintan. Babinsa Serma Rahman dan Kopda mansur  bersama Poktan melanjutkan kegiatan Uji coba Alat pemotong padi bersama warga di Desa Pocong, Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan.

“Untuk melaksanakan Uji coba bersama PPL dan Poktan, sejumlah personel kita turunkan. Tujuannya, melaksanakan pendampingan uji alat pertanian, agar para petani dapat mengoperasionalkan dan merawat alat mesin pertanian yang baru saja diserahkan yang selanjutnya dapat dipergunakan, sehingga tidak ada kendala di lapangan,” kata Kapten Kavaleri Handri Tjahjo.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain :  Danramil Tragah, Kapolsek Tragah, PPL Tragah, Materi Pertanian Tragah dan Kelompok Tani Harapan Jaya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel